Keindahan Hutan Indonesia
Keindahan Hutan Purbalingga

Beberapa hari yang lalu sahabat lamaku mengirimi sebuah pesan singkat. “udah lama banget kamu gak pernah mengunjungiku, gak kangen apa ??” begitu kira-kira isi pesan singkatnya.

Gak kangen? tentu kangen bangetlah, dia itu sangat baik ke semua orang, kalau di ibaratkan seperti bunga yang sangat harum ditumpukansampah. 

Banyak sekali hal yang kukagumi dari sahabat lamaku itu, mungkin juga kalian mengaguminya.

Selang berapa saat ia kembali mengirimi sebuah pesan yang cukup panjang, nampaknya sahabat lamaku itu tengah bersedih, dan ingin menceritakan segala keluh kesahnya padaku. 

Sebagai sahabat yang baik, aku menyimak dengan seksama segala perkataan yang ia tuangkan melalui Chat WA.

Curahan Hati Sahabat Lamaku

lif.. sekarang rambutku habis digunduli oleh orang yang tidak bertanggung jawab,  peliharaanku juga dicuri olehnya, paru-paruku mulai tak berfungsi dengan normal, air mataku hampir habis karena terus-terusan meratapi semua hal yang terjadi padaku ,badanku juga kotor sekali. Tolong aku lif

Seperti itulah curhatan sahabat lamaku itu, menurut kalian apa yang telah terjadi padanya. Kupikir sahabatku ini sangat baik, tanpa pandang bulu lagi, masa iya sih punya musuh, mustahil rasanya. 

Mungkin ia berkenalan dengan seseorang tidak baik sehingga ia mendapatkan perlakuan seperti itu. Entahlah, aku tak tahu pastinya.

Aku ingin sekali membatunya melewati masa-masa sulit yang terjadi padanya, tapi aku tidak bisa sendirian aku butuh bantuan dari kalian kawan, tolong bantu aku untuk membantunya ya.

Oya, kalian belum berkenalan dengan sahabat lamaku itu, mari kukenalkan. Perkenalkan sahabat lamaku itu bernama HUTAN, nama panjangnya HUTAN INDONESIA.

Perkenalkan Sahabat Lamaku

Menurut Undang-Undang tentang Kehutanan Nomor 41 tahun 1999, Hutan adalah suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan.

Sahabat lamaku ini tinggal di Negara Kesatuan Republik Indonesia, meskipun ia memiliki saudara jauh yang tersebar hampir di seluruh dunia, kecuali Antartika. 

Tidaklah susah jikalau kawan ingin bertemu dengannya, kondisi  seperti sekarang ini sulit rasanya untuk bersua dengannya.

Pandemi corona yang tak kunjung usai membuatku harus menahan diri lebih lama lagi untuk nantinya bisa bersua kembali dengan sahabat lamaku ini. 

Sahabat lamaku ini memiliki keluarga yang cukup banyak, aku akan mengenalkan beberapa anggota keluarganya yang cukup akrab denganku, antara lain :

  • Hutan Bakau kawan bisa menjumpai hutan ini di pantai-pantai landai dan berlumpur yang terkena pasang surut. Hutan bakau memliki hobi yang mulia yaitu memelihara berbagai jenis ikan dan udang. Ia juga berperan aktif dalam mencegah erosi dan abrasi pantai.
  • Hutan Rawa kalau yang satu ini kawan bisa menjumpainya di daerah rawa-rawa yang banyak terdapat di pantai timur Sumatra, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah. Hutan Rawa memiliki hobi memelihara berbagai jenis tumbuhan seperti beluntas, pandan, dan Ketapang.

Ngomongin soal hobi, sahabat lamaku ini memiliki segudang hobi yang sangat bermanfaat bagi banyak orang. 

Hobinya adalah membuat oksigen, memelihara Flora dan Fauna, membantu orang menyediakan kayu bakar, membantu dalam membangun rumah, serta berperan aktif dalam mencegah berbagai macam bencana.

Gimana sahabat lamaku? baik bukan. 

Tapi sekarang kasihan dia, seperti yang dia ceritain lewat WA. Rambutnya gundul karena dicukur habis oleh orang tidak bertanggung jawab yang hanya mementingkan kepentingan pribadinya. Dia menjuluki orang itu dengan pelaku ILLEGAL LOGGING.

Peliharaan kesayangannya diburu dan dibunuh, kemudian dijual dipasar gelap, atau dijadikan hiasan rumah. Dia menjuluki orang itu dengan PEMBURU.

perbuatan dari orang yang tidak bertanggung jawab
Hasil dari tindakan orang yang tidak bertanggung jawab


Paru-parunya juga mulai terganggu, akibat dari rambutnya yang dicukur habis dan peliharaannya yang diburu dan dibunuh.

Airmatanya mulai habis, karena dia terus-terusan menangis, alhasil sering terjadi longsor. Biasanya dia berperan aktif dalam mencegah hal itu terjadi, karena kehilangan fokus maka terjadilah longsor beserta bencana lainnya.

Oya, yang paling tragis adalah badannya menjadi kotor. Karena banyak teman barunya yang pergi berkunjung untuk bertemu dengan Hutan yang telah menjadi sahabat lamaku. 

Akan tetapi,mereka tak sanggup untuk membawa sampahnya pulang.

Tolong Bantu Aku Menghapus Semua Kesedihan Sahabat Lamaku itu

Sangat tragis bukan, kisah dari sahabat lamaku itu. Sebagai seorang sahabat yang baik, aku ingin sekali membantunya untuk bisa menghapus semua kesedihan yang sedang menimpa dirinya. 

Tapi, aku tidak bisa sendirian. Maukah kalian membantuku?

Caranya mudah kok, dengan Adopsi Hutan.

Hah ? Adopsi Hutan… Apa itu Adopsi Hutan ??

Adopsi Hutan adalah sebuah tindakan yang dilakukan secara gotong-royong untuk menjaga hutan yang masih tersedia. 

Kita jaga semua elemen yang ada pada hutan, seperti Pepohonannya, Flora dan Fauna, dan keanekaragaman hayati lainya yang hidup di dalamnya.

kampanye hari hutan indonesia
Mari kawan selamatkan Hutan Indonesia


Langkah paling mudah yang bisa kita ambil adalah ikut andil dalam kampanye Hari Hutan Indonesia 7 Agustus. Kampanye ini bisa kawan akses di website kitabisa.com. 

Donasi dari kawan-kawan sangatlah berarti untuk menjaga hutan kita yang sudah ku-anggap seperti sahabat lama.

Nantinya, uang dari hasil donasi tersebut akan disalurkan ke lembaga masyarakat setempat untuk patroli hutan desa/adat, modal wirausaha produksi hasil hutan non-kayu, dan klinik kesehatan warga.

Selain itu, kawan bisa membantuku memberitahukan kepada orang banyak untuk mulai peduli dengan hutan, terutama Hutan Indonesia atau kawan bisa menerapkan program “Satu Rumah Satu Pohon”.

Selain membuat rumah terlihat asri, manfaat yang diberikan oleh pohon tersebut juga bisa langsung kawan rasakan.

Kenapa Hari Hutan jatuh pada tanggal 7 Agustus ?

Hutan Itu Indonesia yang pertama kali mencanangkan Hari Hutan Indonesia jatuh pada tanggal 7 Agustus. 

Dalam acara Bincang Alam Mongabay, Christian Natalie selaku Program Manager Hutan Itu Indonesia mengatakan “ 17 Agustus adalah Hari Kemerdekaan Indonesia. Belum ada perayaan hari besar di awal Agustus”.

Setidaknya, kalau kita tidak bisa menyelesaikan masalah yang terjadi pada Hutan, mbok ya jangan menambah masalah yang ada. 

Mari bersama-sama lestarikan hutan Indonesia dengan cara adopsi hutan, agar nantinya hutan ini bisa terus memberikan manfaat kepada kita sampai ke generasi anak-cucu kita

Kalau bukan kita, siapa lagi ?! kalau bukan sekarang, kapan lagi ?!

See you!