Kopi Kotak Depok

Akhir pekan yang selalu dinanti akhirnya tiba juga, sangat disayangkan rasanya jika waktu ini tidak digunakan untuk merehatkan sejenak pikiran dari padatnya rutinitas bekerja. Berbagai cara bisa dilakukan untuk merehatkan sejenak pikiran. Mengunjungi tempat-tempat baru bisa menjadi pilihan, seperti mengunjungi kedai kopi mungkin.

Belakangan ini tengah ramai di sosial media tempat tongkrongan yang unik dan memikat hati. Kopi Kotak Depok merupakan salah satu diantaranya. Saya berhasil menemukan tempat ini tatkala sedang rebahan dan menscroll TikTok. Postingan tentang Kopi Kotak disalah satu akun berhasil membuat saya jatuh cinta pada pandangan pertama.

Selagi masih ada waktu untuk mengunjungi tempat-tempat baru, kenapa tidak saya manfaatkan waktu yang ada untuk mengunjungi kedai ini. Apakah betul semenakjubkan itu kedai ini, sesuai dengan postingan yang saya temui di sosial media ? hanya ada satu cara untuk membuktikannya, yaitu dengan mengunjunginya dan buktikan secara langsung.

Sekilas Tentang Kopi Kotak

Tempat Duduk Pengunjung Outdoor Kopi Kotak

Kopi Kotak merupkan kedai kopi yang anti mainstream, di era perkopian ini banyak sekali bermunculan kedai-kedai yang bersaing dengan ketat guna memenangkan hati para pecinta kopi atau yang masih berusaha beralih dari kopi gunting ke kopi seduh. Tenang saja, sekarang ini sudah banyak varian menu yang memang ditujukan untuk memudahkan kalian mencintai kopi.

Kedai ini beralamatkan di Jl. Margonda Raya No.488, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat. Lokasinya yang berada di atap gedung membuat kedai ini memiliki ciri khasnya dan mudah diingat oleh para pecinta kopi.

Awalnya saya mengira tempat ini seperti taman jajan pada umunya, karena kita juga bisa melihat ada beberapa outlet dengan produk yang berbeda dengan kedai Kopi Kotak. Tapi ketika saya googling saya tidak menemukan literatur yang menguatkan asumsi saya.

Jadi, ini hanya sebuah asumsi “ apakah benar tempat ini merupakan taman jajan, atau kopi kotak yang bekerja sama dengan kedai djoean mendirikan tempat ini” entahlah. Jika kalian mengetahui informasi ini, tolong bantu saya..

Kopi Kotak ini beroperasi dari jam 08.00 hingga 20.00 WIB. Bagi saya, waktu paling tepat untuk mengunjungi kedai ini adalah sore hari menjelang malam. Karena kalian akan mersakan suasana yang menenangkan hati, pemandangan yang indah (bonus sunset kalau beruntung), didampingi live music yang siap mengembalikan mood kalian yang sempat hilang entah kemana.

Menu di Kopi Kotak

Menu yang dihadirkan di Kopi Kotak juga cukup bervariatif, sehingga pengungjung tidak perlu kebingungan untuk mencocokan seleranya. Dari sisi minuman, Kopi Kotak memiliki sajian menu dari kopi ataupun non-kopi, tersedia juga berbagai macam makanan ringan yang akan mendampingi minuman kalian.

Makanan ringan yang tersedia juga bervariatif, misalnya saja roti bakar, french fries, banana nugget, cireng kuah, dan lain-lain. Untuk harga cukup bersahabat, jadi tidak terlalu menguras kantong. Untuk minuman berkisar Rp 10.000 – 30.000 dan untuk makanan ringan berkisar Rp 15.000 – 30.000.

Nah, jika kalian berkesempatan untuk mengunjungi Kopi Kotak ini, saya menyarankan untuk memesan Kopi Kotak Caramel dan untuk camilannya berupa Banana Nugget. Kombinasi keduanya mampu membuat lidah kita bergoyang kegiarangan, apalagi jika ditambah live music yang mulai pukul 17.00 menambah syahdu suasana hati.

Desain Kopi Kotak

Meja Bar Kopi Kotak

Beberapa kedai yang pernah saya kunjungi memiliki konsep industrial, setelah saya cari tahu ternyata memang konsep industrial ini sedang populer di Indonesia. Secara garis besar konsep industrial ini bertumpu pada tampilan yang unfinished atau setengah jadi.

Sama halnya dengan Kopi Kotak yang juga mengusung konsep industrial. Jika kalian menilik kedalam kedainya, ada beberapa spot yang dengan jelas menegaskan bahwasanya kedai ini mengusung konsep industrial. Misalnya ditembok bagian bar yang tidak terlalu dirapikan, meski begitu kita akan nyaman berada didalam kedai. Karena memang bikin nyaman banget.

Pelataran rooftopnya juga di desain dengan apik. Suasana yang akan kita rasakan seperti menikmati resort yang berada di Hawai. Jika di Hawai view yang ditawarkan adalah pantai yang indah, sedangkan di Kopi Kotak view yang ditawarkan adalah landscape kota Depok serta hiruk pikuk jalanan kota Depok.

Pepohonan yang dihadirkan di beberapa titik juga berguna untuk meredam teriknya sinar matahari. Penempetan live music juga “pas” karena ditempatkan disudut rooftop agar mudah dinikmati dari penjuru lokasi yang ada.

Fasilitas Untuk Pengunjung

Fasilitas yang diberikan untuk para pengunjung bisa dibilang cukup lengkap dan memuaskan. Bagi saya, urusan toilet merupakan hal yang paling penting. Untungnya Kopi Kotak memiliki toilet yang cukup bersih dan nyaman digunakan.

Tak usah ragu untuk berlama-lama di tempat ini dan takut meninggalkan kewajiban salat 5 waktu. Karena tempat ini juga sudah memiliki musala guna keperluaan ibadah. Salah satu syarat syahnya beribadah adalah suci, maka dari itu kebersihan musala sangat dijaga demi menjamin kesuciannya.

Satu hal lagi yang tak boleh luput dari pembahasan. Pada era yang semakin cepat ini, kebutuhan akan gadget dan internet memiliki peranan yang cukup tinggi. Maka dari itu Kopi kotak menyediakan beberapa spot colokan untuk digunakan pengunjung agar gadget kesayangannya teap aktif.

Jadi bagaimana ? Tertarikah untuk merasakan sensasi ngopi diatap gedung versi kalian ? Selamat menemukan experience sendiri!

Kopi Kotak merupakan salah satu kedai favorit saya di Kota Depok. Meskipun berada di atap gedung jika sore menjelang suasananya yang adem membuat saya betah beralama-lama di tempat ini. Hal yang paling merepotkan ketika mengunjungi tempat ini adalah ketika sedang hujan atau gerimis, kita akan sibuk pindah tempat untuk meneduh. So, setiap tempat memiliki waktu tersendiri dalam mengunjunginya. Selamat bertualang!