Cascara adalah teh dari ceri buah kopi
Cascara yang Sudah siap dinikmati.

Kamu pernah minum teh dari kopi?

Teh dan Kopi adalah dua jenis minuman yang sangat populer di Indonesia, kedua jenis minuman ini mengalami perkembangan pesat akhir-akhir ini. 

Banyak sekali jenis teh dan kopi yang bisa kamu nikmati saat ini

Namun, apakah jadinya jika kopi dan teh disatupadukan? saat ini sudah ada teh dari kopi, kamu tidak salah mendengarnya. 

Teh dari kopi ini lebih akrab disapa dengan Cascara. Layaknya kopi, Cascara ini memiliki kandungan kafein, namun rendah.

Apakah kamu penasaran dengan Cascara? simak terus ulasan cascara dibawah ini

Apa itu Cascara?

apa itu cascara

Cascara lahir dari kebingungan petani akan bagian dari kopi yang tidak terpakai, contohnya kulit buahnya, apakah kulit kopi ini dibuang begitu saja atau masih bisa dimanfaatkan lagi. 

Entah siapa pencetusnya, kulit kopi yang biasanya tidak digunakan dijemur kembali dan lahirlah Cascara

Walaupun sudah banyak berdiri kedai kopi di Nusantara, namun kebanyakan dari kedai kopi tersebut tidak menyajikan cascara.

Nama Cascara sendiri diambil dari bahasa Spanyol yang berarti “Kulit”, sedangkan dalam bahasa inggris Cascara merujuk pada kulit buah ceri kopi

Di Ethiopia, teh dari kulit buah ceri kopi ini sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, dikenal dengan nama “Qishr”. 

Prosesnya, kulit buah ceri ini dikeringkan kemudian diseduh layaknya daun teh. Cascara ini semakin banyak diminati karena kandungannya yang kaya akan antioksidan.

Jadi, bisa dikatakan bahwa cascara adalah teh yang terbuat dari kulit ceri buah kopi.

Cascara Rendah Kafein!

ilustrasi kadar kafein di cascara

Cascara merupakan teh yang lahir dari kulit ceri buah kopi yang telah melewati sedemikian rupa proses. Banyak asumsi yang beredar bahwa cascara mengandung kadar kafein yang tinggi layaknya kopi pada umumnya

Square Mile, salah satu coffe roaster yang bertempat di London melakukan uji coba laboratotium guna melihat kandungan kafein yang ada dalam cascara. 

Uji coba ini menghasilkan bahwa Cascara memiliki kandungan kafein yang sangatlah rendah.

Meski Cascara diseduh dengan waktu yang lama dengan menggunakan suhu tinggi sekalipun, kandungan kafein yang ada di cascara tetaplah rendah yaitu di angka 111,4 mg/L

Proses Pembuatan Cascara

ilustrasi pembuatan cascara

Cascaramemiliki cita rasa yang manis dan terasa nikmat. 

Sebelum Cascara di temukan, limbah kulit ceri biasanya digunakan sebagai pupuk kompos saja, siapa sangka dari limbah yang hanya digunakan untuk pupuk kompos akan menghasilkan minuman lezat.

Pada proses pembuatan cascara memiliki 3 teknik/metode yang biasa digunakan, apa sajakah itu ?

  • Proses Natural, ceri kopi akan dijemur pada teriknya matahari, beberapa dari kulit ini ada yang terpisah, ada juga yang terkelupas. Kemudian, kulit ceri akan terlihat kerut, kehitaman, kering. Teksturnya menyerupai kismis.
  • Proses Washed, ceri kopi akan direndam untuk mengetahui ceri kopi yang sudah matang dan ceri kopi yang belum matang. Ceri kopi yang sudah matang ini kemudian akan diproses untuk menjadi biji kopi, kemudia akan dilakukan pemisahan antara kulit cerinya. Dari sinilah kulit ceri kopi akan diproses secara terpisah dan dihasilkanlah cascara
  • Proses Dehidrator, proses ini menggabungkan dua prinsip sebelumnya. Setelah buah kopi dibersihkan mirip dengan proses washed kemudian akan dikeringkan menggunakan dehydrator. Dehydrator sendiri ialah bejana yang mampu menyerap kadar air, menggantikan teriknya matahari.

Manfaat Cascara untuk Kesehatan

ilustrasi cek kesahatan

Dengan kandungan kafein yang rendah, membuat Cascara menjadi salah satu minuman yang aman untuk dikomsumsi harian. 

Asal kamu tau aja , bukan hanya rendah kafein lho, Cascara juga mampu memberikan banyak manfaat untuk tubuh kita

Cascara memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, seperti yang kita tahu. Antioksidan memiliki segudang manfaat untuk tubuh kita diantaranya adalah anti kanker. 

Jika kamu meminum segelas Cascara hangat dipercaya mampu mengembalikan energi kamu yang telah hilang

Cascara bisa kamu jadikan minuman pengganti kopi, karena cascara lahir dari untaian buah ceri kopi. 

Kenikmatan yang kita rasakan tidak akan berbeda jauh seperti kita menikmati kopi, hanya saja Cascara ini lebih ramah

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh British Journal of Nutrition, mengkomsumsi cascara mampu meningkatkan kinerja otak dan daya ingat kamu. 

Terlebih lagi, cascara ini mampu membantu kamu dalam menjaga kesehatan otak dan membantu menjaga mood kamu tetap bagus.

Selain memiliki segudang manfaat yang berguna bagi tubuh kita, cita rasa cascara ini cenderung lebih manis bila dibandingkang dengan kopi, tapi untuk kenikmatannya tidak jauh berbeda

See you!