Foto tanaman cincau hijau

Studi: Rutin konsumsi cincau dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Kamu pernah makan cincau hijau?

Rasanya hampir mirip dawet kan.. kenyal, segar, dan adem ketika melewati tenggorokan. Dan saya sangat suka dengan cincau hijau. 

Saking sukanya sama cincau hijau, komoditas ini jadi bahan skripsi saya. Doain ya, semoga cepat lulus.

(Ketika artikel ini dipublish, saya sudah dapet gelar. Alhamdulillah)

Selain enak dimakan langsung, cincau hijau juga enak dicampur bareng santen. Apalagi kalau dicampur dengan kopi. Rasanya super mantap!

Gak percaya?

Mungkin.. kamu belum pernah nyobain, atau baru pernah denger?

Gak usah kaget gitu dong, kamu bisa kok langsung cobain perpaduan antara cincau dan kopi lewat produk Kopi Keto.

Selain enak, kamu juga bakal ngerasain khasiatnya cincau hijau. Apalagi kalau dikonsumsinya rutin.

Asal kamu tau aja, cincau hijau punya manfaat buat kesehatan. Udah ada penelitianya juga. 

Biar kamu gak penasaran, saya kasih tau manfaat cincau hijau ya..

Manfaat cincau hijau untuk kesehatan

Selain memiliki rasa yang enak di tenggorokan, cincau hijau juga memiliki manfaat bagi kesehatan. 

Nah, kalau dibagian pendahuluan penelitian saya, cincau hijau memiliki manfaat seperti: obat untuk sariawan, panas, tekanan darah tinggi, radang lambung, dan sistem pencernaan. 

Selain itu, cincau hijau juga memiliki kadar anti oksidan yang tinggi, dan dapat dijadikan obat untuk penyakit yang disebabkan karsinogen

Agar lebih jelas, apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari cincau hijau. Silahkan baca penjelasan berikut.

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Ilustrasi seseorang yang memiliki gangguan pencernaan

Melansir dari laman detik.com, Dr Danang Ardiyanto menjelaskan bahwa cincau hijau dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Hal tersebut disebabkan karena cincau hijau mengandung senyawa gula yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab sakit perut. 

Tanaman cincau hijau paling sering dimanfaatkan bagian daunnya. Daun cincau hijau memiliki kandungan vitamin B dan C dalam jumlah yang cukup banyak.

Sehingga kombinasi dari kedua vitamin tersebut efektif untuk mencegah diare. Tak hanya itu, kandungan serat daun cincau hijau juga membantu untuk membersihkan saluran pencernaan.

Kalau sudah begini, katakan selamat tinggal pada sakit perut yang disebabkan mulas dan sembelit.

2. Mencegah Diabetes

Ilustrasi seseorang yang sedang melakukan cek kadar gula darah

Mengutip dari penelitian yang diterbitkan dalam food and public health pada tahun 2013, daun cincau sering digunakan untuk membantu mengurangi tekanan darah, menyeimbangkan gula darah, dan melindungi dari penyakit diabetes dan penyakit hati.

Sementara penelitian yang diterbitkan pada Procedia Chemistry pada tahun 2014 mengamati cincau hijau secara khusus. 

Peneliti menemukan bahwa kandungan flavonoid pada cincau hijau membantu meningkatkan kesehatan usus, mencegah diare, dan melindungi dari sariawan dan maag.

Daun cincau hijau juga mengandung alkoloid dan klorofil yang berguna untuk menstabilkan gula darah.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Ilustrasi seseorang dengan ciri-ciri terserang penyakit jantung

Tanaman cincau hijau memiliki kandungan senyawa SS tetandrin yang bermanfaat untuk mengobati hipertensi. Sedangkan hipertensi adalah pemicu penyakit jantung.

Pencegahan penyakit jantung akibat rutin mengkonsumsi cincau hijau diakibatkan oleh senyawa SS tetandrin. Karena senyawa tersebut berperan untuk memicu pelebaran pembuluh darah, akibatnya darah akan melir lebih lancar.

Agar kamu mendapatkan manfaat maksimal dari cincau hijau, kamu harus rutin mengkonsumsi daun cincau hijau 3 kali seminggu.

Ketika mengkonsumsinya juga disarankan untuk tidak menambahkan gula yang berlebih. Perlu kamu ketahui kalau cincau hijau hanya berperan untuk mencegah penyakit jantung.

Jika kamu sudah terlanjur terserang penyakit jantung, segera periksakan ke dokter untuk penanganan lebih intensif.

4. Mengatasi Penyakit Kanker dan Tumor

Foto yang menyoroti tulisan kanker

Selain mencegah penyakit jantung, SS tetandrin juga berperan untuk mematikan sel tumor. Itu artinya, dengan rutin mengkonsumsi cincau hijau, kamu bisa terbebas dari penyakit kanker dan tumor.

Kondisi itu bisa terjadi bukan hanya disebabkan oleh senyawa SS tetandrin saja. Ada peran dari isokandrodendrin yang juga termasuk dalam senyawa antioksidan.

Sehingga kamu bisa terhindar dari tumor di hati, ginjal, paru-paru. Bukankah sehat itu mahal harganya?

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Pasangan lansia dengan daya tahan tubuh yang kuat

Kita harus banyak belajar dari pandemi kemarin. Menjaga daya tahan tubuh tetap kuat adalah kunci utama untuk terhindar dari penyakit.

Ketimbang membeli produk-produk kimia yang akan menghabiskan uang jutaan rupiah. Kamu bisa memilih cara tradisional dengan cincau hijau. 

Karena sejak jaman dulu, masyarakat kita telah menggunakan daun cincau hijau sebagai stimulus peningkatan daya tahan tubuh. 

Kondisi ini disebabkan oleh senyawa antioksidan alami yang terkandung dalam daun cincau hijau.

Senyawa seperti terpenoid, flavonoid, fenolik, dan tanin akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh kamu.

Penting untuk kamu ketahui, kalau banyak penyakit kronis yang berakar dari radikal bebas berlebih dalam tubuh.

Budidaya Tanaman Cincau Hijau di Rumah

Budidaya tanaman cincau hijau di lahan

Karena memiliki kandungan dan manfaat yang besar bagi kehidupan. Tanaman cincau hijau bisa kamu jadikan tanaman wajib yang ada dirumahmu.

Pemeliharaan tanaman ini juga terbilang mudah. Asalkan tanahnya tidak terlalu lembab, dan unsur haranya tercukupi dengan baik. Tanaman cincau hijau bisa tumbuh dengan optimal.

Karena iklim Indonesia cocok dengan syarat tumbuh tanaman cincau hijau. Kamu bisa membudidayakan tanaman cincau hijau dengan metode vegetatif atau generatif.

Cuman kalau kamu gak mau ribet melakukan perbanyakan tanaman, kamu bisa langsung beli bibit tanaman cincau hijau di toko online.

Setelahnya, kamu tinggal menanam tanaman cincau hijau di rumahmu. 

Panen Daun Cincau Hijau

Daun tanaman cincau hijau adalah bagian dari tanaman ini yang dimanfaatkan untuk mencegah penyakit. Kamu bisa memanen daun tanaman cincau hijau ketika memiliki ciri-ciri seperti berikut:
  1. Memiliki daun yang lebar.
  2. Warna hijau tua.
  3. Membutuhkan waktu kurang lebih 3 bulan.
Setelah dipanen, kamu hanya perlu mencucinya hingga bersih. Kemudian daun cincau hijau siap diolah untuk menjaga kesehatanmu.

Pengolahan Daun Cincau Hijau

Hasil olahan daun cincau hijau

Daun cincau hijau bisa kamu olah menjadi berbagai macam kreasi minuman lezat. Cuman sebelum kamu bereksperimen. Kamu perlu mengolah dulu daunnya.

Pengolahannya cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan daun cincau hijau dengan air minum. Kemudian kamu harus meremas-remas daun cincau hingga sari jellynya keluar.

Setelah selesai, adonan cincau hijau dibiarkan mengeras. Prosesnya mirip dengan membuat jelly dirumah, cuman lebih memakan tenaga aja.

Kalau daun cincau hijau sudah berubah menjadi jelly, kamu bebas mengkreasikannya menjadi makanan favorit kamu.

Kalau kamu kebingungan ingin berkreasi seperti apa. Kamu bisa mengikuti berbagai macam resep yang tersedia di Cookpad.

Itulah Manfaat Cincau Hijau bagi Kesehatan


Dengan rutin mengkonsumsi cincau hijau serta pengolahan yang baik. Kamu berpotensi untuk terus sehat dan hidup lebih lama. 

Kandungan senyawa pada cincau hijau memiliki peranan yang baik untuk menjaga metabolisme tubuh kamu. Apalagi saat ini Indonesia, khususnya Jakarta sedang berjibaku melawan polusi udara

Selain kamu memproteksi dirimu dari luar, proteksi dari dalam juga perlu. Dan mengkonsumsi cincau hijau bisa jadi salah satu caranya.

See you!