Panel Surya salah satu energi terbarukan
Photo by Andreas Gücklhorn on Unsplash

Cara buat dapetin energi tapi gak merusak lingkungan gimana ya?

Beberapa bulan yang lalu, Indonesia terkhusus Jakarta ramai dengan kualitas udara yang rendah. Kondisi tersebut bisa terjadi akibat dari polusi udara yang tinggi.

Polusi udara yang tinggi tersebut terjadi akibat beberapa sebab, antara lain: Produksi energi konvensional, rasio kendaraan bermotor yang tinggi, curah hujan yang rendah, dan lainnya. 

Untuk mengatasi tersebut, pemerintah menggaungkan narasi untuk beralih ke Energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan.

Dampaknya, banyak kebijakan bermunculan. Salah satunya adalah subsidi kendaran listirk karena dinilai lebih ramah lingkungan karena menggunakan energi terbarukan.

Kamu sudah tau tentang energi terbarukan. Kalau belum, itu artinya kamu tidak salah tempat. Saya akan menjelaskan secara rinci tentang energi terbarukan.

Apa itu Energi Terbarukan?

Ilustrasi jaringan energi ke rumah-rumah warga

Energi terbarukan adalah sumber daya energi yang proses mendapatkannya berasal dari sumber daya alam yang dapat diperharui secara terus menerus tanpa batas waktu. 

Biasanya, sumber daya ini berasal dari proses alam seperti sinar matahari, angin, air, panas bumi, dan biomassa. 

Salah satu keunggulan dari energi terbarukan adalah ramah lingkungan. Sebab, sumber daya energi yang tercipta berdasarkan proses alam.

Berbeda dengan sumber energi yang tercipta dari batu bara dan minyak bumi. Dua sumber energi tersebut menghasilkan emisi berbahaya bagi alam dan kehidupan umat manusia. 

Untuk lebih memahami dampak dari sumber energi tidak terbarukan, khusunya batu bara. Silahkan baca artikel berikut: Batu Bara dan Dampak Buruknya

Coba kamu bayangkan, apa yang terjadi jika seluruh dunia menggunakan sumber daya energi terbarukan?

Tentu permasalahan polusi udara yang terjadi belakangan lalu tidak akan terulang. Namun memang yang menjadi pertimbangan adalah biaya untuk menghasilkan energi tersebut (Katanya). 

Beberapa data dan instansi pemerintah terkait menyatakan bahwa energi terbarukan kini semakin murah. Mungkin biaya besar harus dikeluarkan untuk pembangunan infrastrukturnya.

"Indonesia membutuhkan setidaknya USD 25 miliar - USD 30 miliar untuk transisi energi delapan tahun ke depan. Transisi ini bisa kita optimalkan sebagai motor pertumbuhan ekonomi, membuka peluang bisis, dan lapangan kerja baru" jelas Presiden Joko Widodo.

 

Manfaat Energi Terbarukan

Pemanfaatan Energi Terbarukan akan berdampak pada kebahagiaan keluarga

Sekilas, energi terbarukan menjadi solusi dari permasalahan yang terjadi akhir-akhir ini. Karena energi terbarukan dipercaya mampu menanggulangi perubahan iklim dan juga menjadi sumber energi yang ramah lingkungan.

Untuk lebih meyakinkan kamu beralih dari energi konvensional menuju energi terbarukan. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa dinikmati dengan menggunakan energi terbarukan 100%.

1. Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Energi terbarukan memiliki peran penting dalam mengurangi emisi gas rumah kaca. Sehingga pemanfaatannya akan memiliki dampak yang besar bagi linkungan. 

Seperti yang sudah umum diketahui, bahwa banyaknya kadar emisi gas rumah kaca akan memicu terjadinya perubahan iklim yang signifikan.


Sedangkan perubahan iklim akan mengancam hidup seluruh mahluk hidup di muka bumi. Sehingga mengganti energi berbahan bakar fosil dengan energi terbarukan adalah pilhan bijak untuk menyelamatkan bumi.

2. Tidak akan Habis

Energi terbarukan memiliki sifat keberlanjutan, sehingga tidak akan habis meskipun digunakan bermilyas-milyar kali.

Dengan begitu, permasalahan mengenai menipisnya bahan bakar fossil yang tersedia di alam pun akan terselesaikan. Jadi, kamu tidak perlu takut hidup tanpa energi.

Seperti yang sudah umum diketahui bahwa energi merupakan salah satu unsur yang membantu mahluk hidup mempertahankan hidupnya di muka bumi.

3. Menciptakan Lapangan Kerja Baru

Industri energi terbarukan juga akan berdampak pada pembukaan lapangan kerja. Sehingga akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat. 

Oleh sebab itu, pemerintah Indonesia sedang gencar-gencarnya menggalakan pembangunan.

Karena proses desain, produksi, instalasi, hingga infrastruktur akan menghasilkan lapangan pekerjaan baru. Dengan begitu, kesejahteraan masyarakat Indonesia pun semakin meningkat. 

4. Mengurangi Ketergantungan Bahan Bakar Fosil

Hadirnya energi terbarukan menjadikan kita tidak terlalu bergantung pada bahan bakar fosil. Dengan begitu, kondisi udara akan semakin bersih.

5. Mengurangi Ketergantungan pada Bahan Bakar Fosil

Pemanfaatan energi terbarukan membantu mengurangi ketergantungan kita pada bahan bakar fosil impor. 

Dengan mengandalkan sumber energi yang ada di dalam negeri, kita dapat meningkatkan keamanan energi dan mengurangi risiko fluktuasi harga bahan bakar fosil di pasar global.

6. Inovasi Teknologi dan Pengembangan Ekonomi

Industri energi terbarukan mendorong inovasi teknologi yang dapat memberikan dampak positif pada berbagai sektor. 

Pengembangan teknologi ini juga dapat menghasilkan peluang investasi baru, meningkatkan daya saing ekonomi, dan merangsang pertumbuhan sektor industri yang berkelanjutan.

7. Meningkatkan Kemandirian Energi

Dengan beralih ke energi terbarukan, negara dapat meningkatkan kemandirian energinya. 

Penggunaan sumber energi yang dapat diperbarui secara lokal membantu mengurangi ketergantungan pada pasokan energi luar negeri dan memperkuat ketahanan energi nasional.

Jenis-jenis Energi Terbarukan

Pembangkit Listrik Tenaga Angin di Belanda

Energi terbarukan memiliki manfaat yang besar bagi perkembangan hidup manusia. Dengan memanfaatkannya dengan bijak, umat manusia bisa terhindar dari krisis energi.

Karena energi terbarukan adalah sumber energi alami yang bisa mengisi kembali dirinya sendiri dan tak akan habis walaupun digunakan terus menerus. 

Berikut adalah beberapa jenis dari energi terbarukan yang bisa kamu manfaatkan.

1. Energi Surya

Apa jadinya jika bumi tanpa matahari? Tentunya akan gelap gulita bukan? Nah, matahari atau surya merupakan salah satu sumber energi terbarukan yang bisa kamu manfaatkan.

Energi surya harus kamu rubah dulu menjadi energi Listrik menggunakan panel surya. Setelahnya baru bisa kamu manfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Keunggulan dari energi surya adalah bersih, melimpah, dan mudah di dapatkan. Meskipun begitu, kamu perlu menggelontorkan sejumlah uang untuk membangun instalasi panel surya rumahan.

Produk panel surya kini makin mudah kamu dapatkan, bahkan kamu bisa membelinya melalui marketplace. Berikut beberapa rekomendasi produk yang bisa kamu beli:

2. Energi Angin

Selain Matahari, angin juga salah satu sumber energi terbarukan yang bisa kamu manfaatkan. Pemanfaatannya sangat cocok jika kamu tinggal di daerah dengan kekuatan angin cukup besar seperti di negara Belanda.

Sama seperti energi matahari, kamu perlu investasi cukup besar pada awal pembangunan turbin raksasa berbentuk kipas. 

Sehingga cara kerjanya adalah angin menggerakan turbin yang nantinya akan diubah menjadi energi Listrik, kemudian energi tersebut bisa kamu manfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari.

3. Energi Air

Indonesia sudah memiliki beberapa Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Melansir dari tempo.com, jumlah PLTA di Indonesia sudah mencapai 162 unit per akhir 2021 silam. 

Jumlah ini terus meningkat seiring dengan kampanye green energi yang sedang digalakkan oleh pemerintah akibat buruknya kualitas udara akhir-akhir ini. 

Jika kamu daerah tempat tinggal kamu ada aliran air yang cukup kuat, kamu bisa membangun instalasi Pembangunan turbinnya sendiri. Selamat mencoba!

4. Energi Panas Bumi

Indonesia adalah negara yang dilintasi oleh ring of fire, sehingga banyak gunung berapi di tanah air. Selain keindahan alamnya, keuntungan lainnya dari kondisi geografis ini adalah banyaknya sumber panas bumi yang bisa dimanfaatkan untuk memperoleh energi.

Beberapa daerah telah dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP). Melansir dari Kompas.com, jumlah PLTP yang dimiliki oleh Indonesia mencapai 17 unit.

Salah satu keunggulan dari energi ini adalah dapat menghasilkan energi secara konstan. Itu artinya, energi kita tidak akan habis selama masih ada panas bumi dan bisa di dapatkan dalam waktu singkat.

5. Bioenergi

Jenis terakhir dari energi terbarukan adalah bioenergi. Energi terbarukan jenis ini bersumber dari bahan organik seperti biomassa, biofuel, dan biogas.

Umumnya, jenis energi ini di dapatkan dari proses fermentasi limbah rumah tangga atau kotoran ternak. 

Nantinya, energi yang di hasilkan bisa berguna untuk keperluan rumah tangga, industri, dan transportasi.


Sudah Paham Belum Terkait Energi Terbarukan?

sudah paham belum tentang apa itu energi terbarukan?

Dengan memanfaatkan energi terbarukan yang ada, kita bisa menghemat energi fossil yang kini menjadi penopang utama sumber energi kita. 

Selain itu, kedepannya kondisi udara pun bisa berangsur membaik. Sehingga masyarakat tidak perlu takut lagi akan ancaman penyakit semacam ISPA, dan lainnya.

Namun jika sudah terlanjur terserang penyakit ISPA, kamu bisa meringankannya efeknya dengan obat ISPA. Sebelum akhirnya kamu mendapatkan pengobatan yang lebih intensif.

See you!