Pendopo Dipokusumo Purbalingga
Pendopo Dipokusumo sebagai pusat pemerintahan Purbalingga (web/rynari)

Selain knalpot yang melegenda, wisata Purbalingga juga harus kamu explore!

Apa yang akan terbesit di benakmu ketika mendengar kata "Kampung Halaman"? Akankah kamu merasakan rindu, bangga, atau bahkan bergairah? Kalau saya, sudah pasti semua rasa itu bercampur aduk.

Sebab, banyak ingatan yang akan bangkit ketika kembali pada tempat masa kecil. Tempat dimana jadi saksi bisu tumbuh dan berkembangnya saya hingga hari ini. Sebagai anak rantau, tentu saya turut bangga tatkala kampung halaman saya harum namanya akibat komoditas knalpotnya.

Industri Knalpot Purbalingga adalah salah satu industri yang dibanggakan warga Purbalingga. Sebab, kualitas knalpotnya telah diakui produsen mobil asal Jerman dengan merk Mercedes-Benz

Industri Knalpot Purbalingga bermula dari tahun 1977 akibat salah satu pengrajin kuali dan panci tembaga memproduksi knalpot. Namun siapa sangka, Knalpot buatannya mampu bersaing di pasar dan permintaanya terus meningkat.

Barulah pada tahun 1980 mulai ada keseriusan untuk mengembangkan industri knalpot Purbalingga. Dan akhirnya berhasil menjangkau beberapa kota di Pulau Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.

Perkembangannya pun terus berlanjut dan pada tahun 1990-an terjadi perluasan wilayah produksi knalpot. Lalu pada tahun 2010 hingga saat ini, pertumbuhan industri knalpot kian melesat tajam hingga jadi tumpuan perekonomian daerah.

Selain Knalpot, Purbalingga juga punya banyak tempat wisata yang wajib kamu kunjungi!

Patung Knalpot di Purbalingga
Patung knalpot di Purbalingga sebagai tanda sentra knalpot (web/vistanusa)

Kamu pasti pernah denger nama Gunung Slamet kan? Yap! Gunung tertinggi di Jawa Tengah itu juga membentang di Purbalingga. Bahkan, salah satu jalur yang paling ramai dikunjungi ada di Purbalingga. Apalagi kalau bukan Jalur Pendakian Bambangan.

Bukan cuman gunung aja yang ada di Purbalingga. Banyak tempat wisata lain yang gak kalah seru buat kamu kunjungi. Bahkan, saya bisa bilang bahwa Purbalingga adalah paket komplit. Karena semua jenis tempat wisata ada disini.

Mau kemana?

Curug, Tempat Bersejarah, Wisata Alam, atau Wisata Kuliner? semua tersedia di Purbalingga dan hampir semuanya terkelola dengan baik.

Gak heran kalau Purbalingga memiliki berbagai macam prestasi yang patut dibanggakan. Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi dengan gencarnya mempromosikan tempat wisata yang ada.

Tindakan ini sebagai bukti bahwa pemerintah juga serius mengelola wisata yang ada di Purbalingga. Dengan harapan akan berdampak juga pada perekonomian warganya. Jadi semoga aja angka kemiskinan di Purbalingga bisa segera teratasi.


Melalui blog ini saya berusaha mengenalkan tempat-tempat hits yang instagramable di Purbalingga. Jika kamu punya rencana mau main ke Purbalingga, saya dengan senang hati mengantarkanmu menuju puncak tertinggi di Jawa Tengah atau sekedar menjelajah Purbalingga. Please Contact Me!


Biar kamu punya gambaran mau main kemana, saya buatkan daftar lengkap tempat wisata di Purbalingga. Kalau udah nemu yang cocok buat dikunjungi, jangan lupa kabarin saya ya!


Wisata Alam


Wisata alam Purbalingga

Kampungku ini dianugerahi dengan keindahan alam yang tiada tara, ada banyak sekali tempat wisata alam yang ada disini. Seperti Curug, Tempat Camping, dan Desa Wisata.


Kamu ingin pergi ke curug dengan model yang seperti apa? Semua ada di Purbalingga! Mau mandi-mandi agar pikiran kembali fresh? Bisa!


Untuk memenuhi keinginan kamu yang itu, saya menyarankan kamu untuk mengunjungi Curug Nini, Curug Sumba, dan Curug Duwur (Bumisari).


Ketiga curug tersebut memiliki kenangan yang indah bagi saya, aksesnya mudah, dan tersedia di Google Maps. Jadi kamu gak perlu khawatir bakal tersesat.

Setelah selesai mandi-mandi, sepertinya menarik untuk bermalam di alam bebas menggunakan tenda. Untuk kegiatan satu ini saya memiliki tempat yang ajib untuk kawan jajal, Wadas Gantung jawabannyya. Wadas gantung ini merupakan pos 1 pendakian gunung slamet via gunung malang.


Sunrise wadas gantung

Tempat ini memiliki ketinggian 1766 MDPL, meskipun tidak terlalu tinggi akan tetepai view yang ditawarkan tak kalah menarik. 

Sunrise merupakan hal yang dinanti-nanti oleh para pengunjung, dilihat aja sendiri seperti apa sunrise yang kawa dapatkan dari wadas gantung ini

Purbalingga juga memiliki cukup banyak desa wisata yang menawarkan keindahan alam di desanya, saya belum sempat menyambangi semua desa wisata yang ada di kampungku. 

Yang pernah saya kunjungi antara lain Desa wisata Serang, Desa Wisata Panusupan, Desa Wisata Tanalum. 

Semoga suatu saat saya bisa menikmati keindahan di seluruh desa wisata yang ada, atau kawan punya cerita mengenai desa wisata yang ada di purbalingga ? share di kolom komentar ya !!


Wisata Buatan

Owabong Purbalingga
Obyek wisata air di Purbalingga (web/visitjawatengah)

Selain memiliki keindahan alam yang tiada tara, Purbalingga juga memiliki beberapa obyek wisata buatan.  Owabong, Istana Reptil, Purbasari Pancuran Mas, dan masih banyak lainnya

Owabong dan istana reptil merupakan tempat yang memiliki banyak sejarah dalam hidup ini,terlalu banyak kenangan indah yang sulit untuk dilupakan, maaf jadi mengenang. 

Obyek Wisata Bojongsari merupakan kolam renang yang dibanggakan di kampungku

Tempatnya yang megah dan terkelola dengan baik membuat para pengunjung berdatangan setiap harinya, bahkan ada yang rela menorobos melalui pintu belakang agar tidak terkena biaya masuk. 

Dulu saya tak berani mencobanya, maklum lah kawan anak bawang

Beberapa teman saya pernah mencoba untuk melewati jalur ini untuk bisa masuk ke tempat wisata air ini, meskipun ada beberapa yang gagal dan tertangkap oleh penjaga. 

Mungkin, cara ini sudah tidak bisa lagi dilakukan, penjagaannya semakin ketat sekarang, terlalu sering kecolongan kayaknya.

Owabong juga tempat langganan sekolah saya dari SMP hingga SMK untuk belajar renang yang diadakan oleh guru Olahraga. 

Tapi, tempat ini juga pernah menjadi saksi kisah cinta anak muda yang bersemi dari eskul Pramuka

Biasanya setelah materi yang diberikan oleh guru olah raga telah usai, anak-anak dikasih jam bebas berada di owabong sampai batas waktu yang ditentukan. 

Pada saat jam inilah kami para lelaki menyombongkan diri, mulai dari menjajal wahana yang extrem sampai berenang di kolam terdalam yang ada di tempat ini

Tujuannya untuk memikat hati kaum hawa waktu, menunjukan sama gebetan kalau gua ini bisa lho berenang, gua ini berani lho orangnya, bla..bla..bla

Ya begitulah…

Selain owabong tempat yang memiliki banyak kenangan selanjutnya adalah Istana Reptil, bukan kenangan dengan pacar atau gebetan apalagi selingkuhan, bukan, bukan itu. Melainkan kenangan indah bersama keluarga

Waktu itu kami sekeluarga refreshing ke Istana Reptil, tiket masuknya antara Rp 7.000 – 10.000an lah, rada lupa. Mirip kaya ragunan lah, isinya binatang-binatang semua, ada dua kejadian yang tak bisa saya lupakan di tempat ini

Yang pertama, Es Krim Goreng, pada saat itu saya gak abis pikir kok ada ya eskrim goreng, padahalkan es kalo dikasih energi panas(kalor) bakalan mencair, berarti namanya bukan eskrim goreng dong, jadi Air dingin pake rasa ? entahlah pikiranku waktu itu

Yang kedua adalah ketika kami berkeliling dan sampai di kandang orang utan, salah satu orang utan itu memiliki nama Si Amang, spontan aja ayah saya nyletuk


“lif ko mirip kaya si amang”

“bisane si yah ?”

“saben malem minggu turu neng alas, kenapa ora dadi anake ketek bae ?”


ARTINYA


lif kamu mirip kaya si amang; loh kok bisa yah? ; setiap malem minggu tidur di hutan (camping), kenapa gak jadi anaknya monyet sekalian ?”


Wisata Sejarah


Kampungku juga memiliki beberapa tempat peninggalan sejarah, situs Batu Menhir misalnya, atau monumen Jendral Sudirman, jangan lupakan situs Linggayoni. 

Ketiga tempat yang saya sebutkan barusan adalah tempat yang saya tahu dan dua diantaranya pernah saya kunjungi

Situs Batu Menhir yang pernah saya kunjungi berada di desa dagan, tak jauh dari tempat tinggal saya, mungkin membutuhkan waktu 15 – 20 menitan. 

Saya pertama kali pergi ke tempat ini ketika masih SD. Awalnya saya menguping pembicaraan orang dewasa yang bercerita tentang tempat bersejarah ini

Namanya juga bocah yang belum tau banyak hal, ekspektasiku waktu itu adalah sebuah candi. Inti dari percakapan orang dewasa itu adalah ‘ Zaman purba, batuan, bersejarah’ yang ada dipikiranku saat itu adalah sebuah candi raksasa yang bisa menyaingi candi borobudur, agar desaku rada terkenal.

Akan tetapi setelah datang, ketempat itu. Ekspektasiku tak sesuai realiata, namanya juga pikiran bocah, mau gimana lagi

Monumen Jendral Soedirman
Source : Ellafitria

Monumen Jendral Soedirman siapa sih yang gak kenal dengan jendral Soedirman, tempat tinggal panglima tertinggi ini berada di Dusun III, Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53356

Seingat saya disitus ini terdapat meriam dan tank yang berjaga di depan rumah Jendral Soedirman. 

Di rumah sang jendral, terdapat ayunan yang terbuat dari jarit, ayunanan ini berguna untuk menidurkan Soedirman kecil

Situs Lingga Yoni saya pertama kali mendengar situs ini ketika berada di bangku SMK. 

Waktu itu, salah seorang kawan yang tempat tinggalnya dekat dengan situs ini mengajak kami untuk mengunjungi tempat tinggalnya sambil mampir ke lingga yoni katanya

Saya sempat bertanya tentang situs ini, teman saya menjelaskan. Katanya, situs ini itu peninggalan masa Hindu-Budha, berupa batu besar yang memiliki panjang 1 meter serta diameter 30 cm

Intinya, dahulu ada seorang tokoh yang kalah sayembara, dan lehernya harus dipenggal. Akan tetapi tokoh yang kalah ini adalah guru sang adik penyelenggara sayembara. 

Untuk memenuhi hukuman yang telah ditentukan maka penyelenggara sayembara memotong Lingga (kelamin pria) kemudian dikubur di dekat lokasi sayembara

Kemudian, masyarakat percaya bahwa Lingga dari tokoh tersebut berubah menjadi batu dan berpindah ke pemukiman warga


Wisata Kuliner


Pastinya capek dong udah menjelajah tempat-tempat yang keren di purbalingga. Sekarang waktunya kita untuk mengisi tenaga kembali, baru jalan-jalan lagi

Soto klamud
Source : Ayoberita

Purbalingga ini juga kaya akan kulinernya mulai dari yang mainstream sampai anti-mainstream. Pernah denger soto klamud ? makanan yang saya bilang anti-mainstream, basicnya tetep soto pada umumnya, hanya saja ditambahkan dengan daging kelapa dan disajikan menggunakan batok kelapa muda itu sendiri. 

Alamat untuk soto klamud : Jl. Toyareja, Dusun 1, Toyareja, Kec. Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53316

Info lebih lengkapnya tentang soto klamud ini bisa kawan tonton di kanal youtubnya centongofficial

Selain soto klamud, purbalingga juga punya es Duren Bancar dan Juga sate blatter yang sangat terkenal di kalangan warga purbalingga. 

Purbalingga juga menyediakan food centre untuk para wisatawan yang emang doyang makan dengan nama Bancar Badog Center (BBC)

See you!