Foto saya ketika naik gunung slamet

Siapa sih yang gak mau kalau hobinya bisa dibayar. Saya rasa semuanya pasti mau. Buat kamu yang suka jalan jalan alias traveling, bisa banget loh jadiin hobimu sebagai sumber pemasukan sampingan. Caranya juga gampang, tinggal nulis aja.

Yap, saya lagi ngomongin soal travel blogger. Pasti kalian sudah familiar dengan the naked traveller. Sebuah catatan perjalanan yang ditulis oleh seorang perempuan hebat bertekad tinggi. Perempuan tersebut bernama Trinity.

Mbak Trinity ini sudah banyak menginspirasi orang-orang untuk melakukan perjalanan. Beliau juga menghilangkan kekhawatiran bagi kita yang mau jalan-jalan tapi gak punya teman. 

Beliau sudah melalang buana ke berbagai negara seorang diri loh. Iya, kamu gak salah baca kok. Seorang diri!!

Udah kebayang kan betapa kuatnya tekad mbak Trinity ini. Tak hanya itu, mbak Trinity juga udah punya banyak prestasi dalam dunia travel blogger

Banyak karya yang udah diterbitin sama Trinity. Dan banyak yang suka sama karyanya itu. Kamu juga bisa kok kayak mbak Trinity. Membagikan cerita perjalananmu sendiri dan menginspirasi banyak orang.

Apa itu travel blogger?

Travel blogger adalah profesi yang cukup menjanjikan di era digital seperti sekarang. Alasannya adalah pekerjaan ini telah diminati oleh banyak kalangan terkhusus yang gemar jalan-jalan. 

Mereka terinspirasi oleh sosok idola mereka yang doyan jalan-jalan juga. Saat ini siapa sih yang gak kenal Dzawin nur, Fiersa besari, Trinity, dan yang lainnya. 

Melakoni hidup seperti mereka yang dibalut dengan jalan-jalan, siapa yang gak mau. Disisi lain dapat cuan pula!

Secara sederhana travel blogger bisa diartikan sebagai seseorang yang gemar melakukan perjalanan atau travelling dan membagikan tulisannya kepada orang banyak. 

Secara spesifik setiap travel blogger memiliki ciri khasnya tersendiri yang membuatnya lebih mudah dikenal banyak orang. 

Entah itu tentang gaya tulisan, konten yang dibagikan, atau kecenderungan mengunjungi tempat indah yang ada di belahan dunia.

perbedaan travel blogger dan travel vlogger

Langkah-langkah menjadi travel blogger

Menjadi travel blogger itu sebetulnya gampang banget, kamu hanya perlu menulis dan membagikannya. 

Semudah itu. Tapi, kalau kamu pengin menjadikan dunia travel blogger ini sebagai main job. Kamu perlu melakukan beberapa langkah berikut. Simak terus ya! Biara dapet insightnya secara maksimal.

1. Definisikan arti suksesmu

Menjadi travel blogger sejatinya semudah kamu membeli mie ayam di warung. Kamu hanya perlu menulis cerita perjalanan, dan membagikannya ke banyak orang. 

Tapi kadangkala yang jadi dilema adalah mencapai goals kesuksesan yang kamu inginkan. Oleh sebab itu, kamu perlu mendefinisikan arti kesuksesanmu itu  apa?

Apakah sukses itu didefinisikan dengan punya banyak followers? Apakah sukses itu di definisikan dengan dengan punya penghasilan dari travel blogger? atau yang lainnya. 

Kamu harus mendefinisikannya secara rinci. Jadi nantinya kamu bisa nge-set goalsmu itu kayak gimana.

2. Atur goals yang ingin dicapai

Ketika kamu sudah menentukan definisi kesuksesan yang ingin kamu capai dalam dunia travel blogger. Langkah selanjutnya adalah menentukan goals apa saja yang ingin dicapai.

Agar bisa mencapai kondisi sukses sesuai dengan definisimu. Nge-set goals itu penting banget dilakuin di awal.

Karena bertujuan sebagai guideline dalam berusaha menggapai kesuksesan. Disisi lain dengan nge-set goals, kamu juga gak akan mudah patah semangat dan berujung berhenti di tengah jalan.

Goals yang perlu diatur gak harus soal cuan atau followers. Kamu juga bisa untuk menentukan kemana kamu akan pergi, berapa tulisan yang akan tulis selama satu bulan ke depan dan yang lainnya. 

Ingat! Perubahan yang besar pasti dimulai dari langkah kecil yang konsisten, sehingga akan membentuk sebuah kebiasaan baru. 

Ketika kebiasan baru yang positif telah tercipta, maka dengan senang hati kamu akan melakukannya.

Yang paling susah bukanlah memulai, tetapi mempertahankan!

3. Wajib suka jalan-jalan

Namanya juga travel blogger sudah pasti kegiatan utamanya adalah jalan-jalan. Kalau kamu ingin jadi travel blogger, kamu wajib suka jalan-jalan!

Alasannya jelas, kalau kamu emang suka jalan-jalan. Kamu bakal peka sama keadaan, dan bisa ngerasain experience sebuah perjalanan. Dan itu yang akan kamu bagikan nantinya.

Semua orang mungkin pernah ke tempat yang kamu kunjungin. Tapi belum tentu semua orang pernah ngerasain apa yang kamu rasain waktu itu.

Dengan begitu para pembaca akan betah nongkrong di blog/websitemu karena punya ciri khas tersendiri. Disisi lain, suka jalan-jalan juga akan mempengaruhi kondisi psikologismu

Karena biasanya ketika kamu sudah menentukan definisi sukses dan mengatur goals yang ingin digapai. Kamu cenderung berfokus kepada dua hal tersebut, sedangkan lupa untuk memikirkan kebahagiaan dirimu sendiri.

Alhasil keinginan untuk menjadi travel blogger-pun akan mandek di tengah jalan. Jadi, mindsetnya bisa dirubah sedikit.

Awalnya:

Gua harus sukses jadi travel blogger dan banyak cuan!

Menjadi:

Gua jadi travel blogge karena emang suka jalan-jalan, dan pengen aja berbagi cerita. Peduli setan mau dibaca orang apa enggak.

4. Bikin blog/website

Namanya juga travel blogger, maka kunci utama untuk menjadi seorang travel blogger ya harus memiliki blog/website. 

Platform ini nantinya yang akan kamu kelola dengan konten-konten perjalanan yang mungkin saja bisa menginspirasi orang banyak layaknya para senior travel blogger, seperti: Naked Traveler, Catperku, Pergi Dulu, Lost Packer, dan yang lainnya.

Kamu punya banyak pilihan untuk membuat blog/websitemu sendiri. Kalau kamu adalah orang yang suka coding dan perfeksionis, kamu bisa membuat blog/websitemu sendiri. 

Kalau kamu punya banyak uang, kamu bisa minta untuk dibuatkan blog/website. Nah, kalau kamu gak punya banyak uang dan gak bisa coding, kamu  bisa menggunakan Blogspot atau Wordpress untuk membuatnya.

Ketika kamu menggunakan blogspot atau wordpress untuk membuat blog. Alamat blog kamu akan memiliki subdomain. 

Contohnya seperti ini: https://yukjalan.blogspot.com atau https://yukjalan.wordpress.com, tentu ini akan berperngaruh pada kredibilitasmu!

Agar blog/websitemu lebih terpercaya dan profesional kamu bisa membeli domain sendiri. Pembelian domain tersebut bisa dilakukan melalui beberapa penyedia jasa hosting, seperti: Niagahoster, Domainesia, Hostinger, dan yang lainnya.

5. Menulis, menulis, dan menulis

Jadi travel blogger senjata utamanya adalah tulisan. Ketika langkah-langkah sebelumnya udah kamu terapin, langkah terakhir dan paling penting adalah rajin nulis. 

Belum ada sejarahnya travel blogger yang sukses cuman modal 1 – 10 tulisan aja, apalagi travel blogger tersebut belum memiliki popularitas yang tinggi.

Untuk bisa terkenal, kamu perlu rajin nulis. Karena awal-awal gak ada yang kenal sama kamu. 

Emangnya kamu siapa? Anak artis bukan? Anak pejabat apalagi? Cuman rakyat biasa yang pengin berbagi cerita kan?!?

Makanya, kamu perlu rajin nulis dan nongkrong di forum yang sesuai sama tulisan kamu. Awal-awal ngeblog, jangan mikir dulu ada duitnya. Mikir aja dulu gimana caranya biar banyak yang mau baca tulisan kamu.

Entah itu dengan promo ke temen, bangun kredibilitas di forum online, atau yang lainnya. Yang jelas semuanya butuh kerja keras untuk sampai ke tahap yang kamu inginkan. 

Selain rajin nulis, kamu juga perlu tau gimana caranya memasarkan konten kamu. Era digital kaya sekarang, gak bisa cuman pasrah nunggu traffic organik doang. Kamu juga perlu paham soal Content Marketing. 

Anggaplah, awal-awal kamu jadi travel blogger masih banyak hal yang harus kamu pahamin. Entah itu soal SEO, cara menulis catatan perjalanan yang menarik, atau yang lainnya. Nikmatin aja dulu prosesnya, hasilnya bakal nyusul entar.

Selama kamu belajar, kamu perlu jaga aset paling berharga di tubuh kamu. Salah satu bagian tubuh yang punya peranan penting kedepannya, yaitu: Mata. Indera pelihat ini akan berpengaruh dalam perkembangan karirmu jadi travel blogger.

Coba aja kamu bayangin, gimana kamu bisa bikin tulisan yang berdampak, ketika kamu gak bisa lihat semua keindahan yang ada?

Gimana kamu bisa tau kalau tulisan yang kamu tulis itu udah OKE, kalau gak bisa lihat? Pokoknya banyak deh.

Jadi, penting banget untuk jaga kesahatan matamu selama proses menjadi travel blogger. Jangan sampai kamu kayak saya sekarang. Harus pakai kacamata, karena mata saya udah minus sekarang.

Jujur, agak ribet buat jalan-jalan. Gak kaya dulu sebelum pakai kacamata.

Penyebab mata mengalami kerusakan atau penyakit

mata yang sedang terinfeksi hingga mengeluarkan air mata

Sebelum membahas bagaimana caranya menjaga kesehatan mata, agar tetap produktif jadi travel blogger. Saya rasa kamu perlu memahami terkait penyebab terjadinya kerusakan pada mata.

Berdasarkan penuturan dr. Valda Garcia, layar komputer/laptop serta gadget lainnya mampu mengeluarkan sinar biru yang berpengaruh negatif untuk mata.

Sinar biru yang dihasilkan oleh gadget ini akan menyebabkan mata lelah, merah, kering, iritasi, bahkan membuat pandangan kabur jika terpapar sinar biru lebih dari 4 jam nonstop.

Kondisi seperti ini disebut dengan Computer Vision Syndrome/Electronic Eye Pain. Secara normal kamu akan mengedipkan mata sebanyak 18x setiap menitnya untuk menyegarkan mata.

Namun, ketika kamu sedang berfokus melihat layar laptop atau gadget. Kedipan mata tersebut berkurang hingga 50%, sehingga menyebabkan mata kering, merah, lelah, gatal, dan pedih. 

Kondisi tersebut yang menjadi cikal bakal rusaknya mata, jika dibiarkan saja dan makin parah akan menyebabkan kebutaan permanen. Untuk pencegahan awal, kamu bisa menggunakan obat tetes mata untuk meringankan gejalanya.

Apa itu sinar biru dan dampak yang ditimbulkan ?

seorang anak sedang bermain laptop

Sinar biru atau blue light merupakan cahaya yang memiliki gelombang dengan panjang sekitar 415 hingga 455 nm. Sumber alami dari sinar biru adalah cahaya matahari. 

Selain cahaya matahari, ada beberapa perangkat buatan manusia yang mengandung sinar biru, diantaranya: layar komputer, televisi, smartphone, dan peralatan elektronik lainnya.

Sinar biru termasuk ke dalam high-energy visible light (HEV light). Sedangkan mata manusia itu sensitif terhadap satu bagian dari spektrum gelombang cahaya, yaitu: visible light

Sinar biru pada siang hari yang dipaparkan oleh cahaya matahari ternyata berguna untuk meningkatkan perhatian dan mood seseorang. Disisi lain, sinar biru juga berperang dalam mengatur ritme sikardian manusia.

Sinar biru juga memiliki dampak yang ditimbulkan, baik dampak positif maupun dampak negatif. Berikut merupakan ulasan singkat mengenai dampak-dampak yang ditimbulkan oleh sinar biru.

1. Mempengaruhi ritme sikardian

Ritme sikardian merupakan siklus 24 jam tubuh manusia, salah satu contoh dari ritme sikardian adalah tidur di malam hari dan terjaga di siang hari. 

Ketika kamu terpapar sinar biru yang berlebihan jumlahnya pada malam hari akan mempengaruhi produksi hormon melatonin. Hormon melatonin adalah hormon yang bertugas untuk mengatur siklus tidur seseorang.

Paparan sinar biru yang berlebih akan mendorong mundurnya jam tidur atau bahkan me-reset waktu tidur. Hal ini tentunya akan mempengaruhi produktivitasmu sebagai seorang yang tengah merintis karier sebagai travel blogger

Jam tidur yang tidak teratur akan mengakibatkan menurunya fungsi indera tubuh. Disisi lain akan mengakibatkan tubuhmu kurang vit. Jika dibiarkan akan mengakibatkan penyakit-penyakit yang lain berdatangan.

Situs National Institute of General Medical Sciences menuturkan bahwa perubahan ritme sikardian ini akan berpotensi menimbulkan penyakit kronis, seperti: obesitas, depresi, hingga gangguan bipolar.

2. Mengakibatkan rusaknya retina mata

Sebuah studi dari Harvard University mengungkapkan bahwa sinar biru telah lama diidentifikasi sebagai salah satu sinar paling berbahaya bagi retina. 

Setelah sinar biru menembus bagian luar mata, sinar biru akan berusaha terus masuk hingga sampai di retina. Setelah berhasil mencapai retina, selanjutnya sinar biru akan berdampak jangka panjang melakukan pengrusakan terhadap mata.

Disisi lain, sinar biru dalam panjang gelombang tertentu memungkinkan terjadinya kondisi degenerasi makula

Degenerasi makula adalah penyakit kelainan mata yang diakibatkan oleh gangguan struktur makula. Umumnya penyakit mata ini terjadi pada lansia, tapi tidak menutup kemungkinan terjadi juga pada anak muda karena terpicu oleh beberapa faktor.

3. Mengakibatkan katarak

katarak mata

Katarak merupakan penyakit yang terjadi pada lensa mata. Jika seseorang terserang penyakit katarak, seseorang tersebut akan melihat dalam kondisi yang berkabut atau seperti melihat dari balik kaca buram. 

Selama kamu melihat ke layar laptop dan menulis cerita untuk dibagikan kepada para pembaca, selama itu pula lensa mata bekerja untuk menyaring sinar biru yang berusaha masuk dan menyerang retina.

Lensa mata yang berfungsi menyaring cahaya, lama-kelamaan akan kehilangan fungsi dan akan membentuk selaput putih lebih akrab dikenal dengan katarak. 

Meskipun secara umum katarak ini terjadi akibat penumpukan protein pada lensa mata yang mengakibatkan lensa mata menjadi keruh dan sulit untuk ditembus. 

Namun, akibat dari paparan radiasi sinar biru juga tak bisa kamu anggap remeh. Karena paparan sinar biru yang berlebih juga berpotensi mengakibatkan katarak.

Berdasarkan data WHO pada 2014, katarak menempati posisi pertama sebagai penyebab kebutaan di dunia dengan prevalensi 51%. Sedangkan secara total, jumlah penderita katarak pada 2020 mencapai 94 juta orang. Di Indonesia, katarak juga merupakan penyebab kebutaan nomor satu.

4. Mengakibatkan kelelahan pada mata

Ketika kamu sedang menulis cerita perjalanan untuk dibagikan kepada para pembaca, secara otomatis pikiran dan mata akan terfokus ke layar laptop yang sedang terpampang. 

Kondisi ini tentunya mengakibatkan jumlah kedipan mata menurun. Tujan dari mata berkedip adalah menyegarkan kembali mata sehingga mengurangi resiko terjadinya kelelahan mata.

Kondisi kelelahan mata dikenal juga dalam istilah kedokteran sebagai digital eye strain. Digital eye strain juga berpengaruh dalam penurunan produktivitas seseorang. 

Kondisi ini memiliki beberapa gejala yang harus diwasapadai, ketika gejala menyerang segeralah untuk beristirahat. Beberapa gejala kelelahan mata, ialah: pandangan yang kabur, susah fokus, iritasi, mata kering, sakit kepala, dan leher.

Penting untuk diketahui, ada sebuah rumus untuk meminimalisir terjadinya digital eye strain atau kelelahan mata yang disebabkan paparan sinar biru. 

Kamu bisa menggunakan rumus, 20-20-20. Rumus ini maksudnya adalah setiap 20 menit menatap layar laptop, ambil waktu istirahat selama 20 detik dan memandang ke arah yang berbeda sejauh 20 kaki.

Bagaimana cara menjaga kesehatan mata agar tetap produktif membangun blog travel?

seseorang sedang menjalani tes visual

Mata merupakan panca indera yang paling berguna untuk membangun blog travel. 

Melalui mata kamu bisa menangkap informasi dan menjadikannya pengetahuan, sehingga blog travel yang sedang dibangun memiliki landasan baik empiris maupun literatur pasti. 

Penting sekali untuk menjaga kesehatan mata terkhusus dari paparan sinar biru.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, paparan sinar biru yang berlebihan memiliki dampak vital berupa kebutaan. Ketika mata ketika telah mengalami gejala-gejala yang saya sebutkan diatas, ada baiknya untuk mengistirahatkan mata sejenak agar dampak yang terjadi tidak terlalu fatal. 

Jika dampak yang ditimbulkan sudah terlanjur parah maka segera periksakan ke dokter mata untuk di diagnosis secara propher. Sehingga resiko terburuk yang akan dialami bisa diminimalisir sedini mungkin.

Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata sehingga kamu tetap bisa prouduktif membangun blog travel.

1. Memeriksakan mata secara rutin

Setiap manusia dianjurkan untuk memeriksakan matanya secara rutin, mulai dari anak-anak hingga lansia. 

Seminimalnya dalam jangka waktu satu tahun, kamu memeriksakan mata sebanyak 2 kali. Tujuannya adalah untuk mencegah penyakit mata yang bisa saja ditimbulkan dari berbagai macam faktor.

Pemeriksaan yang mata oleh Dokter dapat memantau kondisi matamu secara berkala. Sehingga ketika ada penemuan bibit-bibit penyakit mata, kamu bisa dengan segera meminimalisir dampak terburuknya.

2. Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Vitamin A, vitamin C, Vitamin E, Lutein, dan asam lemak omega-3 merupakan nutrisi yang dipercaya mampu menangkal masalah mata. 

Baik dari faktor usia atau faktor yang lainnya. Nutrisi tersebut bisa kamu dapatkan dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi. 

Kamu bisa memperoleh nutrisi tersebut dengan mengkonsumsi: sayuran hijau, salmon, tuna, telur, jeruk, dan kacang-kacangan.

Selain kamu menjaga kesehatan mata dari ancaman luar tubuh, kamu juga harus menambah proteksi dari dalam tubuh.

Sehingga proteksi ganda untuk mata bisa tercipta. Dengan begitu, kondisi matamu akan jauh lebih terjaga, ketimbang hanya mengandalkan pencegahan dari luar tubuh saja.

3. Hindari penggunaan gawai/gadget terlalu lama

Salah satu pondasi dari suksesnya blog travel adalah isi kontennya. Untuk membuat konten yang menarik sekaligus bermanfaat, kamu perlu melakukan riset yang cukup. Sehingga informasi yang kamu suguhkan akan bermanfaat bagi pembaca dan bukan omong kosong belaka.

Jadi, kamu akan menghabiskan waktu cukup lama di depan laptop. Sudah jadi konsekuensi yang harus kamu terima, kalau ingin sukses jadi travel blogger. Gak ada yang sukses tanpa kerja keras dan pengorbanan.

Untuk mengurasi resiko terserangnya penyakit mata kamu bisa menerapkan prinsip 50-10 atau 20-20-20. 

Prinsip 50-10 adalah 50 menit waktu yang kamu gunakan untuk menulis hasil perjalanan, dan 10 menit untuk mengistirahatkan tubuh dari segala aktifitas. 

Dengan begitu pikiranmu tetap fresh, kesehatan tubuh tetap terjaga, khususnya mata.

Aatau kamu bisa menggunakan prinsip 20-20-20. 

Prinsip ini mengajarkan kamu untuk mengalokasikan waktu sebanyak 20 menit mengerjakan deadline tulisan di depan laptop, 20 detik untuk beristirahat sembari memandang jauh sebanyak 20 kaki.

4. Menggunakan kacamata anti radiasi sinar biru

Menggunakan kacamata anti radiasi sinar biru bisa menjadi pilihan bijak pencegahan gangguan mata akibat paparan sinar biru. 

Meskipun belum ada peneletian yang mengatakan bahwa penggunaan kacamata anti radiasi bisa mengurangi mata minus. 

Akan tetapi, penggunaan kacamata anti radiasi dipercaya ampuh untuk membantu menjaga kesehatan mata.

Kacamata anti radiasi sinar biru mampu mereduksi sinar biru yang diterima oleh mata. Sehingga mata akan tetap nyaman dan juga mencegah terjadinya gejala-gejala gangguan mata, seperti: mata merah, mata kering, mata merah, dan yang lainnya. 

Apabila sudah terlanjur, dan mata sudah terserang penyakit mata. Bagaimana solusinya ?

Kacamata atau lasik ?

Kalausudah terlanjur punya masalah mata, kamu gak perlu terlalu khawatir. Sebab, berkat kemajuan teknologi dan pengetahuan di bidang kesehatan. 

Ada beberapa langkah yang bisa ditempuh untuk mengobati masalah yang ada pada mata. Kamu bisa memilih untuk menggunakan kacamata sebagai alat bantu atau lasik.

Lasik merupakan operasi yang dilkaukan untuk mengurangi bahkan mengobati mata yang memiliki gangguna refraksi (minus, silinder, dan rabun dekat). 

Operasi ini menggunakan laser sebagai senjata untuk mengobati penyakit mata tersebut. Diantara pilihan tersebut kamu harus memiliki pertimbangan khususnya dari sisi kenyamanan.

pilih yang mana, kacamata atau lasik ?

Sudahkah kalian menentukan pilihan? lebih nyaman menggunakan kacamata atau menjalani operasi lasik? beri tahu saya lewat kolom komentar yaa…!!

See you!