Tiket Murah perjalanan ke luar kota

Kalau kamu tahu caranya dapet tiket murah, mau kemana?

Indonesia merupakan negara yang dianugerahi keindahan alam yang luar biasa. Indahnya alam Indonesia memiliki efek magis tersendiri yang mampu mengundang para pelancong baik dari dalam negeri maupun luar negeri. 

Disisi lain, Indonesia merupakan negara kepualauan yang cukup luas. Hal ini tentunya berdampak pada sektor transportasi yang ada guna memudahkan kita mencapai destinasi wisata yang ada di penjuru Indonesia.

Transportasi yang tersedia juga sudah bervariatif. Kita memiliki transportasi udara yang memungkinkan kita berpergian antar pulau. 

Transportasi darat dan laut pun sudah tersedia dengan cukup baik. Bagi saya, layanan yang diberikan oleh pihak transportasi Indonesia sudah cukup baik, hanya perlu beberapa peningkatan. 

Sehingga experience bertualang di Indonesia makin menyenangkan. Kemudahan transportasi adalah bentuk komitmen dari pemerintah untuk memajukan industri pariwisata Indonesia. 

Semakin maju industri pariwisatanya, maka masyarakat sekitar pun akan terangkat perekonomiannya. Lambat laun juga bisa mengentaskan kemiskinan. 

Namun, persoalan harga transportasi juga seringkali jadi permasalahan. Apalagi para petualang dengan budget yang minim. Jadi tidaknya mereka jalan-jalan tergantung dari 2 hal. 

Pertama adalah dapet tiket atau tidak, kedua harga tiketnya sesuai dengan budget atau tidak.

Tiket Murah = Bebas Jalan-jalan

Bagi para traveller yang dianugerahi kelimpahan harta yang tak ada habisnya, mungkin tak perlu memikirkan bagaimana caranya mendapatkan tiket yang terjangkau. 

Namun, untuk beberapa golongan (termasuk saya). Sangat bergantung pada harga tiket yang terjangkau agar bisa memenuhi hasrat menjelajah penjuru nusantara yang menyimpan keindahan.

Kalau kamu bernasib sama dengan saya, yang mengandalkan tiket terjangkau untuk bertualang atau hanya sekedar mengunjungi sanak saudara. 

Mungkin beberapa tips berikut mampu membantu kamu untuk mengatur strategi agar mendapatkan tiket dengan harga yang terjangkau. 

Alhasil, wishlist destinasi wisata bisa di centrang, dan tak perlu merogoh kocek yang dalam sampai-sampai kantong jeboooll.

Tips berburu tiket pesawat murah

pemandangan indah dari dalam pesawat
Pemandangan dari dalam pesawat yang indah

Kalau kamu memliki keinginan untuk mencentrang wishlist destinasi wisata yang ada di luar pulau atau kurang menikmati waktu perjalanan, dan pengen-pengen cepet sampe tujuan. Saya sarankan kamu untuk menggunakan transportasi pesawat!

Transportasi pesawat memang menjadi pilihan utama untuk mengantarkan kita menuju tempat tujuan yang berada di luar pulau. Selain kita bisa menghemat waktu perjalanan, kita juga bisa menikmati keindahan landscape Indonesia dari ketinggian. 

Percaya deh, semuanya akan terlihat jauh lebih indah. Apalagi kalau cuaca sedang bersahabat denganmu.

Tapi eh tapi… 

...yang sering jadi kendala untuk menggunakan jasa transportasi pesawat ini adalah tiket yang bisa dibilang cukup atau bahkan sangat mahal.

Oleh karenanya, kita perlu menyusun strategi untuk berburu tiket murah. Mungkin beberapa tips berikut mampu membantu dalam penyusunan strategi berburu tiket murah.

1. Pilih maskapai yang berjenis low-cost carrier (LCC) alias low budget

Kamu lebih memilih gengsi atau bisa sampai ke tujuan?

Coba kamu resapi dulu deh pertanyaan diatas, kalau kamu termasuk ke dalam golongan yang penting bisa sampai ke tujuan, kamu bisa scroll sampai habis tips berburu tiket pesawat murah ini. 

Tapi, kalau kamu termasuk ke golongan yang lebih mementingkan gengsi semata. Lebih baik tutup laman website ini, dan langsung buka aplikasi pemesanan tiket yang sesuai dengan gengsi kamu!

Sebetulnya ada aneka ragam maskapai penerbangan yang ada di dunia, khususnya Indonesia. Maskapai tersebut memiliki tarif yang bervariatif, ada yang mahal, sedang, dan murah. 

Kalau kamu tidak terlalu memikirkan gengsi menggunakan jasa dari maskapai tertentu untuk dipamerin ke sosial media agar terlihat kaya di depan para followers.

Kamu bisa memilih menggunakan jasa dari maskapai yang memiliki tarif rendah atau termasuk ke dalam jenis low-cost carrier (LCC).

Maskapai indonesia yang termasuk ke dalam jenis LCC diantaranya adalah Citilink, AirAsia Indonesia, Lion Air, Super Air Jet, dan Wings Air.

Kalau kamu masih penasaran dengan maskapai apa saja yang tergolong jenis LCC yang ada di dunia, bisa cek disini.

2. Pergi ke travel fair

Yuk jangan mager, demi tiket pesawat murah… demi jalan-jalan…

Travel fair merupakan pameran pelaku bisnis perjalanan dan pariwisata. Pagelaran travel fair sempat terhenti dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum mereda. 

Namun kini kita bisa bernafas lega, setelah meredanya pandemi dan dibukanya kembali perbatasan di berbagai negara, membuat banyak travel fair kembali digelar.

Garuda Online Travel Fair (GOTF), Singapore Travel Fair, ASTINDO Travel Fair merupakan pagelaran travel fair yang dahulu rutin digelar. 

Tak hanya tiket pesawat murah yang bisa kamu dapatkan kalau mengunjungi pagelaran travel fair ini. Kamu juga bisa mendapatkan hotel, paket wisata, dan lainnya dengan harga yang terjangkau, karena promonya pasti melimpah ruah sampai tumpah-tumpah.

Kalau kamu punya wishlist destinasi wisata keluar negeri, dengan mengikuti travel fair ini kamu bisa mendapatkan tiket yang terjangkau. Biasanya ada potongan sampai setengah harga tanpa adanya pemangkasan pelayanan yang diberikan oleh pihak maskapai. 

Buat kamu yang mau nyobain experience menggunakan jasa maskapai yang ”mahal” mengikuti travel fair juga bisa jadi pilihan untuk berburu promo.

3. Atur waktu keberangkatan

Ingatlah kata Carl Sandburg “Time is the coin of your life. It is the only coin you have, and only you can determine how it will be spent. Be careful lest you let other people spend it for you

Pemilihan waktu keberangkatan juga menjadi faktor bisa atau tidaknya kita mendapatkan tiket pesawat yang murah. 

Jika kita memilih untuk pergi dalam keadaan yang sedang musimnya orang berpergian atau musim liburan, maka mendapatkan tiket dengan harga yang murah bisa dibilang cukup susah.

Kita akan berperang memperebutkan tiket pesawat dengan harga yang murah dengan banyak orang dari berbagai macam latar belakang. 

Akan jauh lebih bijak rasanya, kalau kita memilih waktu keberangkatan/liburan bukan dimusim liburan. Kesempatan kita untuk mendapatkan tiket murah akan jauh terbuka luas.

4. Jangan lupa follow sosial media travel agent dan maskapai penerbangan

Relation is the key!

Masih ingat jaman kita baru masuk kuliah dan ditanya oleh kaka tingkat terkait motivasi mau ikut organisasi itu apa? 

Sebagian besar dari kita pasti menjawab, ingin memperbanyak relasi kak ! Hal ini bisa kita terapkan dalam penyusunan strategi berburu tiket murah. Kamu bisa mengikuti akun sosial media para travel agent dan maskapai penerbangan.

Karena biasanya mereka terbiasa membagikan informasi menarik terkait dengan perjalanan atau destinasi wisata, dan juga promo tiket murah. 

Biasanya para travel agent dan maskapai penerbangan mengadakan campaign/quiz yang berhadiah perjalanan wisata murah/gratis dan juga promo tiket yang mereka miliki.

Kalau kamu gak mem-follow akun sosial media mereka, gimana kamu mau dapet informasi terkait hal itu. Jaman sekarang informasi itu sangat berguna, dan proses mendapatkan informasi juga terbilang jauh lebih mudah ketimbang jaman dulu. 

Kalau kamu belum mem-follow satupun sosial media mereka, mending buruan follow sekarang deh, daripada kamu ketinggalan informasi yang mungkin aja lagi kamu butuhin sekarang.

Tips berburu tiket kereta api murah

pemandangan di jalur kereta api
pemandangan yang indah di jalur kereta

Kereta api masih menjadi pilihan bagi para pelancong untuk bisa menghantarkan mereka ke tempat tujuan. Kereta api kini jauh berbeda ketimbang dulu. 

Dulu, kereta api terkenal dengan kumuh, dan panasanya. Namun kini, kereta api jauh lebih nyaman digunakan untuk menemani perjalanan kita. Perubahan ini tentunya akan berpengaruh pada tarif yang dikenakan.

Secara garis besar, kereta api terbagi menjadi 3 kelas, yaitu : kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi. Perbedaan signifikan yang terlihat jelas terletak pada bagian seat,kecepatan, fasilitas yang diberikan.

Disisi lain, terdapat juga kode-kode unik yang membedakan kelas gerbongnya. Pembahasan mengenai kode-kode gerbong kereta api akan kita bahas dilain kesempatan.

Daripada terus-terus pusing karena harga tiket kereta api yang mahal, langsung aja yuk kita simak beberapa tips berburu tiket kereta api murah berikut.

1. Pesan tiket dari jauh-jauh hari

Pemesanan tiket kereta api sudah bisa kita lakukan 4 bulan sebelum tanggal keberangkatan yang kita inginkan. Dengan begini memudahkan kita untuk memilah-milah tiket kereta api yang murah atau sesuai budget

Ketika kita menerapkan tips yang satu ini, kita juga bisa sembari menabung untuk menambah uang saku selama kita berada di tempat tujuan.

Tips ini tentunya akan sangat berguna kalau kita sudah memiliki perencanaan perjalanan yang matang. Sehingga kita bisa menentukan dengan pasti pada tanggal berapa kita akan berangkat. 

Karena jika pada hari keberangkatan kita, ternyata kita sedang ada acara lain yang tidak bisa ditinggal. Maka kita akan mengeluarkan kocek lebih untuk melakukan pembatalan atau perubahan jadwal keberangkatan.

2. Jangan ragu memilih kelas ekonomi

Kelas ekonomi dalam kereta api merupakan kelas dengan tarif perjalanan paling rendah. Kalau kamu ingin menghemat biaya perjalananmu, pemilihan kereta api di kelas ekonomi bisa menjadi pilihan.

Meskipun kita waktu tempuh yang dibutuhkan relatif lebih lama, saya kira sepadan dengan biaya yang bisa kita hemat selama perjalanan. Saya pernah mencoba, dan saya berhasil berhemat sebesar 30%!

Dilain sisi kita juga bisa menikmati perjalanan santai kita dengan beragam kegiatan positif. Seperti membaca buku, menikmati secangkir kopi, menonton film, atau bekerja. 

Dengan banyaknya waktu yang kita miliki, memungkinkan kita untuk melakukan 2 pekerjaan sekaligus. Alhasil, perjalanan kita nantinya akan jauh lebih nikmat. Karena segala task yang ada sudah lunas dikerjakan.

3. Rajin-rajin cari informasi

Informasi kini menjadi komoditas yang penting dalam kehidupan kita. Informasi kini juga mudah didapatkan dari mana saja. 

Entah sosial media, website, atau yang lainnya. Kalau kita ingin menikmati perjalanan menggunakan kereta api dengan tarif yang murah. Salah satu tipsnya adalah kita harus memiliki banyak informasi.

Mulailah dengan menginstal aplikasi KAI Acces. Melalui aplikasi ini kita akan memiliki informasi resmi dari perusahaan KAI yang mungkin saja terselip informasi promo tiket gila-gilan. 

Kalau sudah begini kan kita gak perlu selamanya jadi penikmat kelas ekonomi. Bisa lah sebentar naik kelas ke bisnis atau eksekutif.

Selain mendapatkan informasi langsung dari perusahaan KAI. Kita juga bisa memperoleh informasi dari sosial media dengan mem-follow akun sosial media travel agent, penyedia jasa beli tiket online, dan mungkin saja para traveller. 

Karena biasanya para traveller memiliki kerjasama atau kampanye menarik yang berhadiah perjalanan wisata atau diskon tiket. So! Jangan mager cari informasi yaa…

Tips berburu tiket bus murah

pemandangan bus di tengah kota
Pemandangan bus di tengah kota metropolitan

Transportasi yang menjadi favorit semua kalangan untuk menghantarkan kita bepergian antar kota antar provinsi. 

Transportasi bus memang tak lekang oleh jaman, bukannya para perusahaan penyedia jasa ini bangkrut. Mereka justru semakin bersemangat melakukan inovasi-inovasi ciamik yang membuat kita gak rela kalau harus move on dari bus.

Meskipun bagi sebagian orang, bus memiliki harga tiket yang cukup terjangkau. Akan tetapi, ada juga yang masih berpendapat bahwa harga tiket busa cukup mahal. Sedikit informasi, kini bus terbagi juga menjadi beberapa kelas, yaitu :

  • Sleeper – untuk 1 orang dengan posisi duduk terlentang (bisa buat tidur kaya dirumah deh)
  • Bisnis – kelas ini memiliki kursi yang nyaman dan longgar, bahkan di beberapa perusahan menyematkan teknologi kursi pijat
  • Eksekutif – kelas ini memiliki kursi yang cukup nyaman dan tersusun dengan pola 2-2 (dua kursi di bagian kanan dan kiri bus)
  • Ekonomi – kelas ini memiliki kursi yang biasa saja dan tersusun dengan pola 3-2 (tiga kursi dibagian kanan bus dan 2 kursi dibagian kiri)

1.  Beli tiket di loket resmi

Karena transportasi bus ini favorit semua kalangan dan sudah pasti ada di berbagai macam daerah di indonesia. 

Maka peluang ini dimanfaatkan oleh banyak orang untuk ikut mengais rejeki dengan cara menjadi calo. Agar kita bisa terhindar dari para calo yang sudah pasti akan menaikan tarif tiket, maka kita harus beli tiket di loket resminya.

Pernah sekali saya tertipu oleh calo bus ketika ingin pulang kampung. Tiket bus jurusan purbalingga yang biasanya dibanderol dengan harga Rp 80.000 untuk kelas ekonomi dan Rp 120.000 untuk kelas eksekutif. 

Karena lagi apes kena calo, saya harus membayar tiket sebesar Rp 200.000 untuk kelas ekonomi. Lebih dari 2 kali lipat bukan ? apesss….apessss

2. Beli tiket di situs jual beli tiket online

Kalau kamu memiliki jiwa yang gak enakan untuk menolak ajakan orang lain. Saya sarankan agar kamu membeli tiket bus melalui situs jual-beli tiket online

Karena modus dari para calo tadi adalah sok kenal dan sok dekat dengan kita serta berpura-pura seperti saudara satu kampung kita. 

Tentunya membuat kita iba dan sulit menolak ajakan dari calo tersebut, meskipun kita sudah tau letak loket resminya itu ada dimana.

Kalau kita sudah membeli tiket melalui situs jual beli tiket online, kita memiliki senjata untuk menolak ajakan para calo agar tak masuk ke perangkap batman.

Kamu bisa menolak ajakan para calo dengan halus, seperti “maaf pak saya sudah punya tiket”. Dengan begitu para calo juga akan pergi dengan tenang.

3. Punya orang dalam

Memiliki orang dalam juga berguna dalam konteks perburuan tiket murah ini juga loh, apalagi bus. Kalau kamu memiliki kolega yang bekerja di salah satu perusahaan penyedia jasa transportasi bus. Jangan lupa untuk dimanfaatkan semaksimal mungkin. 

Bisa jadi kamu mendapatkan diskon tiket, informasi promo tiket lebih dulu, atau bahkan gratis.

Salah seorang sahabat saya pernah menceritakan, bahwa ada keluarga dia yang bekerja di salah satu perusahaan penyedia transportasi bus. 

Ketika ia ingin pergi ke suatu daerah, ia mengatakan keingannya itu terhadap keluarganya tersebut. Alhasil ia tak perlu membayar tiket bus, ia dititipkan kepada supir dan duduk dibagian depan (kursi kenek). Sehingga jatah seat penumpang tetap utuh.

Kira-kira Kamu Bakal dapet Tiket Murah gak nih??

Udah paham belum sama panduan saya yang bikin biar kamu bisa dapet tiket murah. Nah, kalau mau tau cara itu berhasil atau enggak, ya silahkan dicoba. Kalau dapet potongan harga kan lumayan banget. Apalagi buat saya yang termasuk Traveller Kere

Banyak mau perginya, tapi gak ada duitnya. Lagi-lagi cuman bisa bermimpi, atau travelling virtual kaya waktu ke Banda Neira itu. Salah satu destinasi yang harus kamu kunjungin sih Banda Neira, alamnya indah abis. Nyesel kalau gak kesitu.

Oya, Kamu gak boleh mati dulu kata Sutan Sjahrir kalau belum pernah ke Banda Neira. Jadi, tunggu apalagi? Langsung cuss ke Banda Neira!

See you!