Ilustrasi suasana tempat kopi di Pamulang

Banyak yang bilang kalau Pamulang itu paling senja, emang iya?

Siapa yang setuju kalau Pamulang adalah tempat paling senja. Angkat tangan!

Kilas balik beberapa trend di sosial media soal "Anak senja". Golongan ini selalu identik dengan kopi. Yap! Pamulang adalah surganya kedai kopi.

Kamu bakal mudah buat menemukan kedai kopi di Pamulang. Mulai dari bertemakan vintage, sampai futuristik. Semuanya ada!

Bahkan ada juga yang melabeli kedai kopi miliknya dengan titel #pamulangpride. Pernah dengar?

Mulai penasaran dengan kedai kopi yang ada di Pamulang? Berikut daftarnya!

Kenapa Pamulang punya Banyak Kedai Kopi?

Ilustrasi titik lokasi cafe di Pamulang
Photo by Z on Unsplash

Apa yang spesial dari Pamulang ya... Sampai-sampai banyak sekali kedai kopi yang lahir. Saya rasa, ramainya kedai kopi di Pamulang murni karena bisnis.

Karena berdasarkan data disdukcapil kota Tangsel tahun 2022 mengatakan bahwa ada 317.767 warga Pamulang. Itu artinya 23% penduduk Tansel tinggal di Pamulang.

Mari kita kerucutkan lagi target pasarnya.

Menurut statista, target pasar paling potensial untuk bisnis kopi ritel adalah segala umur. Namun, anak muda dari rentang usia 18 - 24 tahun, lebih rela mengeluarkan uang demi secangkir kopi.

Sedangkan fenomena yang terjadi di Pamulang bagaimana? Lihat infografis berikut.

Persentase umur penduduk pamulang

Jika dilihat dari data diatas, pembeli paling potensial untuk menghabisakan uangnya dalam secangkir kopi di rentang umur 18 - 24 tahun berjumlah 47.665 orang.

Ketika calon pembeli banyak, maka harus dibarengi dengan pasokan yang setara. Sehingga harga bisa terjaga. Konsep sederhana supply and demand.

Setelah saya mengelilingi kedai kopi yang ada di Pamulang, rata-rata harga kopi susu dibanderol dengan Rp 18.000. 

Diatas kertas, Pamulang memang lokasi yang paling potensial untuk membangun bisnis kedai kopi. Sehingga tak heran, banyak bermunculan kedai kopi dengan keunikan tersendiri.

Untuk menu, hampir semuanya mirip. Perbedaannya hanya terletak pada komposisi yang digunakan, sehingga memengaruhi rasanya.

Kita ambil contoh Kopi Susu Aren, kamu akan menemukan rasa yang kurang lebih seperti ini:
  • Kopinya kurang nendang
  • Rasa after taste pahit
  • Gula aren kebanyakan/kualitasnya kurang
  • Kombinasi yang sempurna
Tapi yang jelas, semua rasa itu hanya bertahan paling banter 30 menit. Setelah es mencair, rasanya hambar. Hanya beberapa kedai kopi saja yang tetap konsisten, meskipun esnya telah mencair.

Apa sajakah kedai kopi yang ada di Pamulang? Apa saja keunggulan serta kekurangannya? Baca sampai selesai ya!

Vmond Coffee

Tempat duduk di Vmond Coffee

Tempat kopi yang pertama adalah Vmond Coffee. Lokasinya berada di Jl. Maruga Raya, Serua, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan.

Bisa dibilang Vmond Coffee adalah tempat kopi pendatang baru yang memiliki konsep paling beda. Karena Vmond Coffee mengusung tema futuristik dipadukan dengan aksen khas industrial.

Untuk varian menu di cafe ini terbilang cukup banyak. Dengan harga yang relatif "Mahal" kamu bisa mengajak lidahmu menari tanpa henti. Kalau mampir kesini, jangan lupa pesan Hazelnut latte.

Bagi saya rasa komposisinya pas antara susu, espresso, dan sirup hazelnut. Dan yang paling penting adalah tahan lama.

Sekarang kita berada di era gempuran inkonsistensi rasa. Sebab untuk menekan biaya produksi, maka es batu akan diperbanyak agar volumennya terlihat banyak. 

Kompensasinya adalah rasa minuman yang berkurang akibat es telah mencair. Namun tidak dengan Vmond Coffee. Mahal dikit, worth it lah?

Temu Kamu White Forest

Temu Kamu White Forest Pamulang
Source: ReviewPedia

Jika kamu kurang suka menghabiskan waktu di cafe dengan konsep futuristik, kamu bisa beranjak ke Temu Kamu White Forest. Cafe ini mengusung tema minimalis modern dengan suasana yang asri. Bahkan ada danaunya!

Temu Kamu White Forest Pamulang berlokasi di Jl. Witana Harja, Pamulang Barat., Kec. Pamulang, Tangerang Selatan.

Untuk varian menu cukup variatif. Kamu bisa memesan banyak menu yang paling sesuai dengan dirimu. Atau suasana hatimu.

Tapi yang paling nikmat untuk segi makanannya adalah longtato dan affogato. Selain itu masih banyak menu lain yang menarik untuk kamu eksplor sendiri!

White Forest Pamulang Square

White Forest Pamulang Square

Pada awal kemunculannya, saya sempat bingung. Apa bedanya dengan temu kamu white forest yang ada di Witana Harja? Apakah masih satu pengelola? Atau bagaimana?

Entahlah, bukan urusan saya. Daripada terus bertanya-tanya, al hasil saya menyempatkan untuk mengunjungi cafe ini. White Forest berlokasi di Pamulang Square, Jl. Siliwangi No. 7, Pamulang Barat., Kec. Pamulang, Tangerang selatan.

Yap, lokasi berada dalam kompleks pamulang square. Jadi, kamu perlu masuk dulu ke dalam area mall. Kalau kamu menggunakan motor, tinggal lurus aja mengikuti jalur parkir. Nanti kamu bakal ketemu sama cafe satu ini.

Tepatnya di tempat pembuangan sampah dulu (Warga Tangsel pasti tahu). Nah salah satu ciri khas dari cafe ini adalah pemandangan danau pamulang.

Varian menunya juga cukup bervariatif, dan mirip seperti di Temu Kamu White Forest. Meskipun ada beberapa tambahan menu sih. 

Coba bayangkan, kamu menikmati secangkir kopi nikmat dengan pemandangan danau Pamulang. Apalagi ditambah dengan suasana matahari tenggelam, sungguh syahdu bukan?

Cilalula Coffee

Cilalula Coffee

Cilalula Coffee adalah cafe yang berkesan bagi saya. Sebab, saya pernah melakukan reuni kecil-kecilan disini.

Lokasinya berada di Jl. Witana Harja, Pertokoan Pamulang Permai Blok SH 22.7, Pamulang, Tangerang Selatan. Untuk lokasinya memang agak tertutup, jadi kamu perlu memandang sekitar dengan seksama.

Cilalula Coffe mememiliki beberapa menu andalan yang dibalut dengan super lokal. Jadi bagi warga Tangsel, khususnya Pamulang akan memahaminya dengan mudah.

Untuk varian menu di cafe ini relatif lebih sedikit ketimbang tiga cafe sebelumnya. Meskipun begitu, kamu tidak akan menyesal ketika sudah berkunjung dan mencicipi setiap menu yang ada. Apalagi jika berkunjung bersama teman ataupun keluarga.

Obrolan-obrolan kecil pasti menambah kenikmatan sajian yang tersedia. Jadi, jangan sendiri ya kalau mau ke Cilalula!

Jadi, Kapan Kita Ngopi?

yuk ngopi

Sekarang udah gak bingung lagi dong mau ngopi dimana. Pilihan cafe di Pamulang memang bervariatif, jadi kamu bisa pilih sesuka hati yang paling cocok.

Oiya, banyak yang bilang. Nyari cafe itu sama aja kayak nyari jodoh, alias cocok-cocokan. Dengan adanya daftar rekomendasi cafe di Pamulang ini. At least, saya berusaha mempertemukanmu dengan jodohmu!

Kalau udah tau mau ngopi dimana, jangan lupa buat kabarin saya ya!

See you!