kolam pemandian di wisata goa sodong
Foto via Google Maps by Asta Sasmita

Wisata Goa Sodong adalah salah satu destinasi wisata di daerah Banyuwangi.

Banyuwangi adalah daerah yang saya rasa semua orang pasti tahu cerita asal-usulnya.

Kamu pasti pernah baca atau mendengar legenda sungai yang mengeluarkan bau harum akibat penebusan dosa anak manusia. Karena legenda itulah daerah ini kemudian diberi nama Banyuwangi.

Banyuwangi diambil dari bahasa Jawa yang terdiri dari 2 suku kata, yaitu Banyu dan Wangi. Banyu yang berarti air, sedangkan wangi yang berarti harum.

Sehingga bisa disimpulkan menjadi air yang memiliki bau harum.

Pengayaan: Kisah Legenda Banyuwangi

Selain terkenal dengan legendanya, Banyuwangi juga terkenal karena potensi wisatanya yang melimpah. Terbukti pada tahun 2023 total kunjungan wisatawan ke Banyuwangi mencapai 3,1 juta. 

Jumlah tersebut terbilang cukup besar, pasalnya Banyuwangi sendiri hanya berpenduduk 1,7 juta jiwa saja. 

Salah satu tempat wisata Banyuwangi yang wajib untuk anda kunjungi adalah goa sodong. Kepopulerannya lambat laun kian meningkat.

Data tahun 2021 menunjukan terjadi lonjakan wisatawan hingga 100%. Padahal saat itu Indonesia masih terdampak pandemi Covid-19.

Lantas apa yang sebenarnya jadi daya tarik goa Sodong? Mari kita cari tahu bersama.

Sejarah Wisata Goa Sodong

Sejarah wisata goa sodong
Foto aliran air di wisata goa sodong by yukbanyuwangi.co.id

Cikal bakal lahirnya wisata Goa Sodong bermula dari sebuah tempat yang dipercaya sebagai lokasi bertapa leluhur desa Grogol. Kelompok yang berjasa mengembangkan potensi wisata ini adalah Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat yang diketuai oleh Muhammad Nur Hariri. Mas Hariri mengatakan bahwa tempat wisata goa sodong yang sekarang dikenal oleh masyarakat melalui beberapa tahap. Melansir dari Suara Indonesia, Mas Hariri mengatakan bahwa "Berawal dari tempat yang dipercaya sebagai lokasi pertapaan sesepuh Desa Grogol, kemudian kami menggugah pemuda untuk membersihkan areal tersebut, perlahan banyak orang luar berdatangan, dan kami coba swadaya untuk mengembangkan jadi tempat wisata." Berdasarkan kisah yang didapatkan, sosok sesepuh desa Grogol yang gemar bertapa di goa sodong bernama Mbah Kecling atau H. Hasan.

Beliau adalah keturunan dari Wong Agung Wilis seorang pejuang Blambangan era penjajahan Hindia-Belanda. Singkatnya kini goa sodong menjadi salah satu tempat wisata Banyuwangi yang populer. Pencapaian ini tentunya tidak terlepas dari peran Mas Hariri bersama anggotanya. Kini, harapan Mas Hariri adalah ada seorang sejarawan yang mau meneliti lebih lanjut tentang goa sodong. Karena menurutnya goa sodong memiliki kisah yang menarik, sehingga kedepannya wisata goa sodong mampu memberikan nilai edukatif untuk masyarakat.

Daya Tarik Goa Sodong

Daya tarik goa sodong
Foto di depan Goa Sodong via Googlemaps by Pur Tok

Dahulu kala, Goa Sodong menjadi lokasi bertapa para leluhur masyarakat dusun Pelinggihan. 

Seiring dengan perkembangan jaman, kelompok sadar wisata mulai aware bahwa goa sodong bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata.

Barulah pada tahun 2018 wisata Goa Sodong mulai bisa dikunjungi para wisatawan. Kekuatan tempat wisata Banyuwangi satu ini terletak pada keindahan alamnya.

Karena sudah memiliki modal yang cukup bagus, pihak pengelola hanya perlu sedikit mengembangkannya menjadi daya tarik lainnya untuk memikat wisatawan. 

Kalau kamu penasaran daya tarik wisata goa sodong apa saja? Ini dia penjelasannya.

1. Ngopi di Atas Sungai

Sebelum kamu masuk ke tempat wisata Goa Sodong, kamu harus cobain sensasi ngopi di atas sungai. Nama tempatnya adalah Cafe Kali Goa Sodong. 

Kata Kali merupakan penyebutan sungai dalam bahasa Jawa. Jadi udah kebayang kan gimana rasanya minum kopi sambil kaki basah-basahan. 

Baca Juga: Cascara, Teh yang Lahir dari Ceri Buah Kopi

Kamu gak cuman bisa nikmatin kopinya aja, di tempat ini kamu juga bisa pesan banyak menu khas wisata Goa Sodong.

Beberapa menu yang cukup favorit di Cafe Kali seperti nasi goreng, mie goreng, nasi tempong, dan aneka jajanan.

Pengayaan: Apa itu Nasi Tempong?

Tapi kalau kamu berkunjung saat musim petai antara April-Mei atau November-Desember, kamu akan merasakan sensasi panen kebun kopi milik masyarakat sekitar.

2. Kolam Pemandian

Tempat wisata Banyuwangi ini memiliki area kolam pemandian yang lokasinya berada di tengah-tengah tempat wisata Goa Sodong.

Kolam pemandian ini merupakan wahana favorit bagi para pengunjung. Air dari kolam ini berasal dari campuran air hutan dan sumber mata air hangat.

Ketika tubuh kamu memasuki kolam pemandian ini, rasa rileks seketika akan didapatkan. Selain airnya yang menenangkan.

Pemandangan di sekitar kolam juga memiliki nilai estetika tersendiri. Keindahan pemandangannya seperti kamu menginap di Villa mewah Bali dengan harga selangit.

Kolam pemandian wisata goa sodong adalah magnet terbesar para wisatawan untuk berkunjung. Jadi, kalau kamu ada waktu. Jangan lupa untuk berendam di kolam pemandian ini ya.

Baca Juga: Sensasi Mandi di Curug Sumba Purbalingga

3. Gazebo Sanggar

Masih berada di area kolam pemandian, kamu bisa menemukan sebuah tempat bernama gazebo sanggar.

Selain berfungsi sebagai tempat pertunjukan seni tari Gandrung, gazebo ini juga bisa kamu sewa untuk berbagai keperluan. 

Biasanya para wisatawan dengan rombongan besar menyewa gazebo untuk dijadikan lokasi gathering, sehingga rombongan tidak kebingungan.

Sekitar gazebo sudah lengkap dengan fasilitas toilet yang bersih dan mushola yang nyaman.

Pengayaan: Sejarah Tari Gandrung

4. Pintu Masuk Wisata Goa Sodong

Daya tarik lainnya dari tempat wisata Banyuwangi ini terletak pada lokasi pintu masuknya. Jika umumnya tempat wisata memiliki pintu masuk berupa gapura, atau sekedar tempat penukaran karcis.

Tempat wisata Goa Sodong memiliki pintu masuk yang tergolong unik. Keunikannya itu bersumber dari beberapa hal yang perlu kamu ketahui. 

Pertama, lokasinya berada di belakang area pemukiman warga. Jadi kamu perlu berjalan menyusuri perkampungan warga baru kemudian memasuki tempat wisata goa sodong.

Kedua, untuk bisa mengakses pintu masuk, kamu harus memarkirkan kendaraan roda 4 di tempat khusus yang sudah tersedia. Karena hanya motor saja yang bisa melalui jalanan menuju pintu masuk.

Ketiga, Kamu akan menyusuri hutan goa Sodong lebih dulu sebelum pada akhirnya memasuki kawasan wisatanya. 

Unik bukan? Jadi gimana, berani coba?

5. Hutan Goa Sodong

Udara di kawasan wisata goa sodong sangat sejuk dan bersih. Kondisi ini tercipta karena vegetasi alami masih terjaga dengan baik.

Kita perlu berterima kasih kepada Pokdarwis yang sudah sadar untuk terus melestarikan alam serta mempertahankan kelestarian hutan goa sodong.

Selama rute perjalanan kamu menuju kawasan wisata saja, kamu sudah melewati lebatnya hutan bukan? Kemudian tiba di wisata goa sodong yang indah dan menawan.

Bukankah ini mirip seperti cerita-cerita pencarian harta karun? Dimana kamu bertugas sebagai sang penjelajah yang harus menemukan goa sodong.

Perlu kamu ketahui bahwa melimpahnya sumber air yang dimiliki tempat ini karena pepohonan masih rimbun. 

Sehingga tempat ini memiliki cadangan air bawah tanah yang melimpah. 

Nanti, ketika kamu berkunjung, saya boleh minta sesuatu? 

Tolong jaga dan rawat hutan tempat wisata ini, jangan diabaikan, apalagi dirusak. Boleh? 

Kamu juga bisa aktif berpartisipasi menjaga kelestarian hutan goa sodong dengan tidak membuang sampah sembarangan loh.

Baca Juga: Cara Menjaga Kebersihan Tempat Wisata

Harga Tiket Masuk Goa Sodong

Untuk bisa merasakan seluruh fasilitas dan daya tarik yang tersedia di tempat wisata goa sodong, kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000.

Tiket masuk yang kamu bayarkan terbilang cukup murah, mengingat keindahan alam yang tersaji sangat memanjakan mata kamu.

Biaya tiket tersebut nantinya akan digunakan untuk menjaga dan pengembangan obyek wisata goa sodong, sehingga tempat wisata ini bisa terus lestari hingga kapanpun.

Lokasi dan Rute Menuju Goa Sodong

Lokasi Goa Sodong berada di Dusun Pelinggihan, Desa Grogol, Kecamatan Giri, Banyuwangi.

Untuk bisa sampai ke tempat wisata ini kamu bisa menempuh berbagai rute yang tersedia, baik itu mengikuti google maps atau rute alternatif.

Namun secara umum kamu bisa memilih dua rute yang sering dilewati wisatawan yaitu, rute Penataban, dan rute melwati desa kemiran.

Happy Travelling guys!

Yuk Berkunjung ke Obyek Wisata Goa Sodong

Yuk segera berkunjung ke goa sodong

Mengunjungi obyek wisata Goa Sodong akan memberikan pengalaman wisata yang berbeda untuk kamu.

Kamu bisa menikmati pemandangan gua alami yang memanjakan mata anda. Selain itu, kamu juga bisa membantu perekonomian warga setempat.

Yuk segera kunjungi obyek wisata Goa Sodong dan rasakan pengalaman wisata yang berharga.

See you!